Home » Peringatan Hari Pangan Sedunia 2023, TK Yos Sudarso 1 Mencintai Makanan Tradisonal

Peringatan Hari Pangan Sedunia 2023, TK Yos Sudarso 1 Mencintai Makanan Tradisonal

oleh Redaktur Ytknews

Sagulung Batam, YTKNews,id—-Biasanya anak-anak menyukai makanan fast food, kali ini, 20 Oktober 2023,  di TK Yos Sudarso I Sagulung penuh dengan makanan tradisional, tidak menyangka anak-anak TK Yos Sudarso I Sagulung sangat antusias membawa dan menyukai berbagai jenis makanan tradisional.

Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS), tepatnya 16 Oktober 2023. Juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pangan bagi kehidupan manusia.

Hari Pangan seduania mengusung Tema “Air adalah kehidupan, air adalah makanan, jangan tinggalkan siapapun”. Pemilihan tema ini mengandung makna bahwa air sangat penting bagi kehidupan di bumi, air digunakan dalam berbagai proses produksi pangan, mulai dari pengairan hingga pengolahan makanan, selain itu air merupakan komponen penting dari makanan itu sendiri.

Pada tahun 2023 Konferensi  Wali Gereja Indonesia (KWI) mengusung tema HPS  “Pertanian , Penyediaan Pangan bagi semua.”

Kali ini sekolah mengajak peserta didik untuk makan bersama olahan makanan tradisional dari berbagai daerah. Adapun makanan berasal dari olahan singkong, ubi rambat, jagung, beras, pisang dan lain-lain.

Dalam kegitan ini anak-anak tampak antusias membawa dan menikmati makanan tradisonal dari suatu daerah tertentu, di antaranya kue lapet, kue pohul-pohul olahan dari tepung beras dan gula merah dan mie gomak yang berasal dari Medan/Batak, ada juga yang membawa empek-empek, klepon ada juga yang membawa kue onde-onde, lemper, kue lumpang, talam ubi, nasi uduk dan lain sebagainya.

Kepala Sekolah TK Yos Sudarso I Sagulung, Batam, Maria Madalena Fatma Sari, S.Si, akhirnya mengungkap tujuan kegiatan itu. “Tujuan kegiatan memperingati HPS ini adalah agar peserta didik lebih mengenal dan meghargai berbagai makanan tradisional yang sudah jarang ditemui di zaman sekarang ini,” ujar mantan guru SD Yos Sudarso I yang kerap disapa Sari itu.

“Semoga dengan kegiatan ini peserta didik lebih mencintai makanan-makanan tradisional,” pungkasnya. (sfn/nys)

Kontributor  : Regina Suharni, S.Pd

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.