Home » SMP Maria Goretti Sungailiat Raih Peningkatan Kemampuan Numerasi Tertinggi Tahun 2023

SMP Maria Goretti Sungailiat Raih Peningkatan Kemampuan Numerasi Tertinggi Tahun 2023

oleh Fristy Yasinta Tarigan

Sungailiat, YTKNews.id— Sekolah Menengah Pertama (SMP) Maria Goretti telah mencapai prestasi gemilang dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswanya pada tahun 2023. Hasil rapor pendidikan mengungkapkan bahwa sekolah naungan Yayasan Tunas Karya di Sungailiat ini mengalami peningkatan paling signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Berdasarkan laporan pendidikan tahun ini, kemampuan numerasi siswa di SMP Maria Goretti mengalami peningkatan paling tinggi di antara indikator lainnya. Selain itu, Iklim Kebinekaan di sekolah ini juga meraih pencapaian terbaik.

Prestasi ini membuka peluang bagi SMP Maria Goretti untuk mendapatkan bantuan operasional kinerja, yang dikenal dengan BOS-Kin. Bantuan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan di sekolah dalam mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi.

Pada 26-28 Oktober 2023, sebuah kegiatan bertajuk “Workshop Pengembangan Literasi dan Numerasi serta Perencanaan Berbasis Data” diadakan di hotel Novilla Boutique and Resort, Sungailiat. Kegiatan ini diikuti oleh 8 sekolah negeri dan swasta di Kabupaten Bangka yang juga mencatat peningkatan dalam rapor pendidikannya.

Materi yang disampaikan oleh para narasumber dalam kegiatan ini berasal dari Badan Pengembangan Mutu Pendidikan (BPMP) Bangka Belitung dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka. Dinas Pendidikan juga turut memonitor kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi dan dukungan terhadap sekolah-sekolah yang telah mencapai kemajuan signifikan.

Meskipun kegiatan berlangsung selama 3 hari 2 malam dan materinya padat, semangat dan antusiasme seluruh guru dan karyawan sangat tinggi. Mereka aktif berdiskusi dalam kelompok-kelompok yang terkadang melibatkan guru mata pelajaran yang sama dari sekolah lain, dan terkadang dalam kelompok sekolah masing-masing.

Dalam kegiatan itu pun seluruh guru dan tenaga kependidikan di beri kesempatan untuk saling memotivasi, berdinamika, serta berbagi praktik baik yang sudah diterapkan di sekolah masing-masing.

Guru dan Karyawan SMP Maria Goretti saat berdiskusi.

Yudi Aprizal, S.Pd, Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar di Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka menyatakan apresiasi dan rasa bangganya terhadap sekolah-sekolah yang sudah berhasil mengalami peningkatan dalam rapor pendidikan dari tahun sebelumnya.

“Saya berharap, semoga hal ini menjadi motivasi dan contoh bagi sekolah lain, serta tahun selanjutnya sekolah ini bukan hanya mengalami peningkatan, tetapi juga berhasil mencapai prestasi dalam rapornya” tutur Yudi dalam sambutannya saat mewakili Kepala Dinas Pendidikan.

Kepala SMP Maria Gorettii, Ferdinandus Andry Setiawan, S.E juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini akan menjadi pembelajaran dan motivasi bagi SMP Maria Gorettii dalam upaya memperbaiki hal-hal yang masih perlu ditingkatkan dalam rapor pendidikan tahun ini.

“Saya ucapkan terimakasih kepada para guru dan karyawan SMP Maria Goretti untuk usahanya selama ini, semoga kedepannya rencana baik dan program pengembangan yang telah disusun dalam pertemuan ini menjadi motivasi kita semakin meningkatkan mutu sekolah” seru Andry dengan semangat.

Reporter : Fristy

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.