Home » Mempersiapkan Generasi Muda yang Berakhlak Mulia dan Mandiri, SMP Katolik Tanjungpinang Melaksanakan Perkaju  

Mempersiapkan Generasi Muda yang Berakhlak Mulia dan Mandiri, SMP Katolik Tanjungpinang Melaksanakan Perkaju  

oleh Milawati Agustina Simanjuntak

Tanjungpinang, YTKNews.id—Kegiatan berkemah dalam pramuka adalah sekolah kehidupan nyata. Melalui perkemahan, generasi penerus bangsa dididik dan dilatih untuk berilmu, berakhlak mulia, dan mandiri.

Sekitar 150-an siswa SMP Katolik Tanjungpinang tak surut semangatnya mengikuti perkemahan Kamis-Jumat (PERKAJU) 26-27 Oktober 2023.

Kamping tersebut dilaksanakan di kompleks lapangan sekolah. Perkemahan yang diikuti pramuka penggalang ini bertajuk “Melalui Kegiatan PERKAJU Kita Wujudkan Penggalang yang Kreatif dan Inovatif dalam Pendidikan yang Memerdekakan”.

Kegiatan yang  diawali pukul 15.00 WIB tersebut dibuka dengan upacara pembukaan dan penyematan tanda peserta. Harapannya melalui kegiatan  perkemahan tersebut seluruh siswa dapat menerapkan nilai-nilai yang sesuai dengan  profil Pancasila,  ujar Fransiskus Xaverius Kanga, S.Fil. selaku kepala SMP Katolik Tanjungpinang dalam menyampaikan sambutannya.

Setelah upacara pembukaan selesai, selanjutnya diisi dengan kegiatan pentas seni, senam, cerdas cermat, hasta karya dan ada games di setiap pos. Tak kalah menarik, pukul 20.00 WIB adanya api unggun, dalam suasana hening siswa diajak untuk merefleksikan diri.

Seluruh siswa tampak menikmati perkemahan tersebut.”  Saya merasa sangat senang karena perkemahan kemarin sangat seru dan mengasikkan, tetapi juga sedih karena ini adalah perkemahan terakhir bagi kami,”  ujar Christine siswa kelas  IX.

Veronika Kurniatmi, S.Pd selaku pembina Pramuka mengungkapkan adapun tujuan kamping tersebut tidak hanya sekadar menjalankan program rutin, melainkan  juga meningkatkan kualitas kedisiplinan, kreativitas, kepemimpinan dan sekaligus pelantikan Pramuka Penggalang Rakit. (mil)

Kontributor: Milawati

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.