Home » Anak-anak TK Theresia II Ikut Serta Bersihkan Pantai Pasir Padi

Anak-anak TK Theresia II Ikut Serta Bersihkan Pantai Pasir Padi

oleh Marcelina Sandra

Pangkalpinang, YTKNews.id—Kamis itu akhir November 2023. Tepatnya, 30 November 2023. Ada apa dengan tanggal ini?  Gugus Dahlia melaksanakan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan mengambil tema “Aku Sayang Bumi.”

Kegiatan P5 ini dilaksanakan di Pantai Pasir Padi yang melibatkan 8 sekolah yaitu TK Budi Mulia, TK Santa Theresia II, TK Kania Mentessori, TK Baitul Makmur,  TK Kristen Kalam Kudus, TK Kasih Baptis, TK Swadaya, dan TK Pos Paud Girimaya. Kegiatan yang diambil yaitu membersihkan pantai pasir padi dari sampah yang berserakan di bibir pantai baik sampah plastik maupun sampah lainnya.

Pembukaan diawali dengan berdoa, kata sambutan dari ketua panitia pelaksana dan dari ketua gugus dahlia.

“Anak-anak, hari ini kita akan memungut sampah-sampah yang ada di pinggir pantai, agar pantai kita tetap bersih dan lestari.” ungkap Ibu Rutmiati selaku ketua gugus dalam kata sambutannya.

Pemungutan sampah dibagi dua arah, empat sekolah kearah kanan pantai dan empat sekolah kearah kiri pantai. Selesai memungut sampah anak-anak istirahat limabelas menit dan kumpul kembali dilanjutkan dengan kegiatan lomba membuat istana pasir.

Persekolah mengutus tujuh anak yang didampingi satu guru. Setelah selesai lomba membuat istana pasir, juri pun langsung menilai dan mengumumkan lombanya saat itu juga. TK Santa Theresia II mendapatkan juara harapan 3.

“Dalam lomba ini bukan juara tujuan utamanya tetapi agar anak dapat bekerja sama, melatih kesabaran, saling menerima masukan, melatih kreatifitas anak, menuangkannya dalam membuat istana pasir, dan dapat menjalin kebersamaan dengan teman-teman dari sekolah lain,” ungkap bu Maslina, salah satu guru TK Santa Theresia II.

“Senang bisa main ke pantai ditemenin mama, ketemu banyak teman dan bisa ikut lomba membuat istana pasir. Aku pengen bisa sering-sering main ke pantai lagi main pasir dan air sama teman-teman,” ujar Cindy salah satu anak murid TK Santa Theresia II. (sandra)

Kontributor: Laurentia Devi Damayanti Putri

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.