Home » Laksanakan Pemilu OSIS Bak Pemilu Presiden, SMA Santa Maria Sukses Implementasikan Projek (P5)  

Laksanakan Pemilu OSIS Bak Pemilu Presiden, SMA Santa Maria Sukses Implementasikan Projek (P5)  

oleh Milawati Agustina Simanjuntak

Tanjungpinang, YTKNews.id—Jumat, 2 Februari 2024 menjadi momentum bersejarah bagi SMA Santa Maria, Tanjungpinang. Pasalnya, sekolah yang terletak di jalan Anggrek Merah ini berhasil laksanakan pemilihan ketua OSIS layaknya pemilihan presiden.

Pelaksanaan pemilu OSIS SMA Santa Maria kali ini merupakan implementasi dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Suara Demokrasi. Kegiatan yang dilaksanakan di aula Bukit Tabor, SMP Katolik ini diharapkan dapat memberikan pendidikan demokrasi melalui pengalaman praktis. “ Kita ingin mengajarkan seluruh siswa untuk belajar berdemokrasi,” ujar Thomas Mas Leiden, S.Pd selaku kepala seolah.

Adapun tiga kandidat hebat yang dipasangkan menjadi pasangan calon (paslon) ketua dan wakil OSIS antara lain paslon pertama yaitu  Endrique dan Justin Jolly Santana, paslon kedua yaitu Gian Tri Putra Damanik dan Basilius Kebesa Aji Permana, dan paslon ketiga yaitu Luis Armandus Samosir dan Arminda Artha Arho.

Beberapa hari sebelum pemilu, masing-masing kandidat diberi kesempatan untuk berkampanye, menyampaikan visi dan misi. Dari visi dan misi yang disuarakan tentunya tersirat harapan, doa, dan program-program yang akan direncanakan selama setahun ke depan demi kemajuan sekolah.

Saat hari H pencoblosan, seluruh siswa SMA Santa Maria dan Bapak/Ibu guru memenuhi aula Bukit Tabor sebagai Tempat Pemungutan Suara (TPS) diselenggarakan. Dari pantauan  YTK News, proses pemilihan ketua OSIS pun berlangsung dengan meriah, tatkala sebelum pencoblosan, pembawa acara yakni, Marcelius dan  Kesya melaksanakan acara resmi projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang diawali dengan pembuka, doa, dan kata sambutan oleh kepala sekolah.

Sorak sorak tepuk tangan pun memecahkan suasana aula yang saat itu. Sejumlah panitia memamerkan hasil slogan kelompoknya dengan iringan musik yang menggugah semangat. Tata ruangan dan tempat pun diatur layakanya proses pencoblosan negara Indonesia oleh petugas KPPS. Dari hasil yang diperoleh dari proses tersebut maka paslon satulah yang berhasil naik menjadi ketua dan wakil OSIS. Di akhir acara pencoblosan, Endrique dan Justin menyampaikan sepatah dua patah kata serta ucapan terima kasih kepada teman-teman dan para guru yang sudah mendukung mereka. (mil)

Kontribusi: Efrillya Damayanti, S.Pd

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.