Home » Ini Alasannya, Belajar di SD Santa Maria itu Menyenangkan

Ini Alasannya, Belajar di SD Santa Maria itu Menyenangkan

oleh Suwito

Mentok-YTKNews.id- Di tengah era yang penuh tantangan, SD Santa Maria Mentok tak hanya fokus pada pendidikan akademis, tetapi juga pengembangan karakter dan kecakapan hidup para siswanya. Salah satu wujudnya adalah melalui kegiatan wisata edukasi di Sekolah Alam Mentok,Bangka Barat yang diadakan pada tanggal 8 Maret 2024.

Sekolah Alam bukan sebatas belajar di luar kelas, tetapi sebuah petualangan edukatif yang dirancang untuk membangun karakter, kerjasama, dan kecintaan terhadap alam. Para siswa diajak untuk mengikuti berbagai aktivitas seru dan menantang, seperti tarik tambang 4 sisi, permainan tradisional, simulasi kebakaran, mendaki tali dan berjalan seimbang, menjelajahi rumah pohon, dan belajar manfaat tanaman obat.

Lebih dari sekadar bersenang-senang, setiap aktivitas dirancang untuk mengasah berbagai aspek kecerdasan emosional (SEL) para siswa, seperti kesadaran diri, pengelolaan diri, kesadaran sosial, keterampilan sosial, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

“Kegiatan Sekolah Alam ini adalah program Krucil merupakan bukti komitmen SD Santa Maria dalam mencetak generasi yang tangguh dan siap menghadapi masa depan,” ujar Suwito, Pembina Krucil.

Melalui berbagai rintangan, mereka menjadi sosok tangguh

SD Santa Maria tak hanya fokus pada pengembangan individu, tetapi juga membangun komunitas yang peduli dan suportif. Orang tua dan wali murid diajak untuk terlibat dalam berbagai kegiatan sekolah, termasuk wisata edukasi Sekolah Alam.

“Kegiatan wisata edukasi Sekolah Alam SD Santa Maria merupakan contoh nyata bagaimana pendidikan dapat menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan, bermakna, dan bermanfaat bagi para siswa. SD Santa Maria menunjukkan bahwa pendidikan holistik bukan hanya sebuah konsep, tetapi sebuah kenyataan yang dapat diwujudkan,” pungkas Maria Susanti, Kepala SD Santa Maria.

Melalui berbagai macam program Krucil, SD Santa Maria membekali para siswanya dengan pengetahuan, keterampilan, dan karakter yang mereka butuhkan untuk menjadi individu yang tangguh, kreatif, dan peduli terhadap sesama. SD Santa Maria mendidik generasi masa depan yang gemilang, siap untuk membawa perubahan positif bagi dunia.

Kegiatan dikemas menyenangkan membuat mereka lupa waktu

“Jadi, jangan ragu ya untuk mempercayakan SD Santa Maria untuk pendidikan putra-putri Anda!” pungkas Maria yang juga merupakan kepala sekolah penggerak angkatan I.

Reporter: Kelly Jessica Kwan (Jurnalis Krucil)

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.