Home » Melalui Agenda Andalan Ini, SMAS Santa Maria Tanjungpinang Lahirkan Generasi yang Berkualitas

Melalui Agenda Andalan Ini, SMAS Santa Maria Tanjungpinang Lahirkan Generasi yang Berkualitas

oleh Milawati Agustina Simanjuntak

Tanjungpinang, YTKNews.id—Kali ini, SMAS Santa Maria Tanjungpinang mengadakan rekoleksi bagi siswa kelas XII. Agenda ini selalu jadi andalan untuk mengumpulkan kenangan-kenangan yang hampir terlewati selama 3 tahun mengenyam dunia pendidikan di bangku SMA.

Hari itu, Jumat, 8 Maret 2024 menjadi momen yang berharga bagi siswa-siswi SMAS Santa Maria. Rekoleksi sebagai wujud untuk mengingat, mengumpulkan, dan mengenang kembali perjuangan yang telah diraih oleh siswa-siswi kelas XII selama menduduki bangku SMA.

Sekolah yang terletak di jalan Anggrek Merah ini, laksanakan rekoleksi di Rumah Singgah milik Yayasan Tunas Karya yang terletak di Jalan Ponegoro, Tanjungpinang. Dengan mengusung tema ‘Menjadi Pribadi yang Beriman, Berkualitas, dan Bertanggung Jawab dalam Mencapai Cita-cita’, Acara yang berlangsung selama sehari itu diisi oleh 2 frater muda, Fr. Antonius Wahyu Pradana dan Fr. Paulo Alfredo De Peter.

Saat sesi pemaparan materi, kedua frater tersebut memberikan rangkaian materi yang saling beriring yakni tentang iman dan tanggung jawab dalam hidup. Fr. Antonius Wahyu Pradana memaparkan tentang pertumbuhan iman peserta didik dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan Fr. Paulo Alfredo De Peter memaparkan tentang kualitas dan tanggung jawab peserta didik dalam menghadapi kehidupan selanjutnya setelah tamat dari bangku SMA.

Keduanya begitu piawai memberikan pemaparan materi kepada siswa-siswi kelas XII yang kala itu memadati ruangan di rumah singgah. Antusias peserta didik pun terlihat ketika serius memperhatikan materi yang dibawakan oleh Frater. Keseruan juga semakin bertambah ketika Windisari, S.Pd selaku guru BK memberikan game seru sehingga suasana ruangan itu semakin berwarna.

Tak hanya itu, di sela-sela pemaparan materi, kedua frater sharing mengenai pengalaman hidup yang pernah dialami selama hidup. Kedua frater tersebut mampu mencairkan susasana dengan intonasi, mimik wajah dan penggunaan bahasa yang benar-benar mencerminkan jiwa-jiwa muda ala anak SMA. Tidak sedikit yang menanggapi dan tidak sedikit pula yang menjawab pertanyaan dari sang frater.

Vrisca Aderiani Siburian, S.Ag selaku koordinator acara menjelaskan bahwa kegiatan rekoleksi ini bertujuan  untuk mempersiapkan anak didik dalam menghadapi ujian akhir dan siap kembali ke masyarakat dengan nilai-nilai katolisitas dan humanitas setelah menyelesaikan studinya di SMA Santa Maria.

Setelah seluruh rangkaian acara selesai, agenda rekoleksi pun ditutup dengan doa dan berfoto bersama dengan frater dan guru pendamping saat itu.(mil)

Kontributor: Efrillya Damayanti

Anda mungkin juga suka