Home » Begini Potret Perayaan Hari Kartini di SMP Yos Sudarso Batam

Begini Potret Perayaan Hari Kartini di SMP Yos Sudarso Batam

oleh Dwiky Natalia

Batam, YTKNews.id. Hari Kartini selalu diperingati setiap tanggal 21 April. Kartini adalah seorang Pahlawan bagi kaum wanita. Oleh karena jasanya, hingga saat ini kesetaraan gender mewarnai aspek kehidupan manusia. Hari Kartini pada tahun 2024 ini jatuh pada hari Minggu. Untuk menyemarakkan Hari Kartini maka SMP Yos Sudarso menggunakan pakaian daerah pada keesokan hari yakni Hari Senin, 22 April 2024.

Bermacam-macam pakaian daerah tampak saat Upacara Bendera berlangsung. Wajah-wajah Kartini muda tergambar jelas pada jati diri peserta didik SMP Yos Sudarso. Bapak Hobbes Sipahutar selaku pembina upacara menyampaikan pesan betapa besarnya jasa Raden Ajeng Kartini di setiap insan khususnya pada kaum hawa.

Upacara berlangsung dengan khidmat dan lagu Ibu Kita Kartini menggema menghantar lagu wajib yang dinyanyikan oleh seluruh peserta upacara.

Tak hanya peserta didik, para guru pun tak kalah semangat dalam mengenakan pakaian daerahnya masing-masing. Mereka tampak gagah dan anggun dengan kostum yang membalut di tubuh.

Para guru dalam balutan baju daerah

Elisabeth Maria Subekti selaku Waka Kesiswaan mengatakan sungguh terkesan pada antusias siswa dalam memakai busana adat yang begitu sarat akan unsur budaya dari beragam adat istiadat di nusantara ini. “Semoga siswa-siswi merasa bangga akan budaya masing-masing dan turut melestarikan mozaik budaya kita yang begitu kaya. Dan terus menjaga kearifan lokal lewat perilaku maupun tindakan sehari-hari dengan mencintai produk dari budaya bangsa sendiri,” ungkapnya.

“Saya merasa bangga mendapat giliran sebagai petugas upacara di hari yang spesial dengan memakai pakaian adat. Semoga generasi muda tetap mengikuti jejak R.A Kartini dan tetap melestarikan budaya masing-masing, karena budaya selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman,” tutur Callysta Feodora dari kelas 8.3.

Upacara bendera pada hari itu ditutup dengan pemberian piala, medali, dan sertifikat kepada pemenang lomba FLS2N, dan pemberian medali kepada perwakilan lomba basket SMW cup tingkat SMA.

Penulis: Vero

Anda mungkin juga suka