Home » Belajar Demokrasi Sejak Dini, Pemilihan Ketua OSIS SMP Katolik Tanjungpinang Digelar Layaknya Pemilu

Belajar Demokrasi Sejak Dini, Pemilihan Ketua OSIS SMP Katolik Tanjungpinang Digelar Layaknya Pemilu

oleh Milawati Agustina Simanjuntak

Tanjungpinang, YTKNews.id—Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMP Katolik Tanjungpinang menjadi ajang para siswa untuk belajar berdemokrasi. Proses pemilihannyapun digelar layaknya pemilu, Jumat, 5 April 2024.

Beberapa atribut pendukung pemilu seperti daftar hadir, bilik suara sebanyak tiga buah, kotak suara, papan perhitungan, surat suara, petugas pemilu, dan tinta lengkap tersedia. Sebelum acara pemilihan di gelar, panitia pemilu sudah melakukan beberapa agenda dalam mempersiapkan para pasangan calon (paslon) ketua dan wakil ketua OSIS. Diawali dengan proses pendaftaran, wawancara, hingga seleksi PBB yang telah dilakukan beberapa pekan sebelumnya maka ditetapkanlah tiga pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS masa bakti 2024-2025. Tentu saja ketiga paslon tersebut merupakan representasi siswa-siswa terbaik di kelasnya dengan rekam jejak prestasi akademis dan ekskul yang baik.

Kegiatan pemilu yang dilaksanakan di aula Bukit Tabor tersebut dimulai pukul 09.30 WIB ini tentunya diawali dengan kampanye visi, misi, dan program kerja oleh masing-masing paslon. Adapun nama-nama paslon tersebut antara lain Albertus Ecalicto dan Gregory Geldy  (paslon I), Audrey Wilfi dan Honesto Dare Manulang ( paslon II) , Maria Charitas dan Fransisika Gebi (paslon III).

proses pemilihan

proses pemilihan

Kepala SMP Katolik Tanjungpinang, Fransiskus Xaverius Kanga, S.Fil sangat mengapresiasi  kegiatan pemilu tersebut, karena kegiatan pemilu ini merupakan kegiatan yang kreatif dan mengajak seluruh siswa belajar berdemokrasi sejak dini untuk menggunakan hak suara dengan baik.

Setelah ketiga paslon menyampaikan visi misinya, seluruh siswa dan guru melakukan proses pemilihan dengan tertib layaknya pemilu presiden pada umumnya. Berdasarkan hasil perhitungan suara yang dilakukan oleh panita, maka paslon nomor urut tiga memperoleh suara terbanyak yaitu 126 suara. Maka secara otomatis menjadi ketua dan wakil ketua OSIS periode 2024-2025.

proses perhitungan suara

Maria Charitas dan Fransiska Geby sebagai ketua dan wakil ketua OSIS terpilih mengucapkan terima kasih kepada seluruh siswa dan guru yang sudah mempercayakannya.

Ketua dan wakil ketua OSIS terpilih

“ Ibu mengucapkan selamat kepada ketua dan wakil ketua OSIS terpilih, dan tetap semangat kepada paslon yang lain yang sudah bersikap berani untuk mencalonkan diri,” ujar Milawati, S.Pd selaku pembina OSIS. Beliau juga berharap agar paslon yang terpilih dapat menjalankan amanah dengan penuh tanggung jawab.

Akhirnya kegiatan pun ditutup dengan bersalam-salam kepada paslon terpilih.(mil)

 

Kontributor: Agustina

 

 

Anda mungkin juga suka