Home » Maknai Hari Kartini, TK Yos Sudarso II Batam Jembatani Sekolah dan Keluarga

Maknai Hari Kartini, TK Yos Sudarso II Batam Jembatani Sekolah dan Keluarga

oleh Dwiky Natalia

Batam, YTKNews.id—R.A Kartini pernah mengatakan, “Mendidik perempuan berarti mendidik sebuah keluarga,“ artinya, pendidikan dasar setiap orang berawal dalam sebuah keluarga.

Lantas, untuk menjembatani sekolah atau lembaga pendidikan dan keluarga, pada perayaan hari Kartini di TK Yos Sudarso II Batam Center, 22 April 2024, para orangtua pun diundang. Terlihat, para orangtua begitu antusias mengantar anak-anak ke sekolah dengan perasaan bahagia.

Pada perayaan kali ini, sekolah mengajak anak-anak untuk selalu mencintai berbagai budaya yang ada di Indonesia dengan memakai pakaian daerah masing-masing. Langkah-langkah kecil nan mungil  begitu  menggemaskan. Apalagi dengan pakaian daerah yang mereka kenakan begitu indah hingga wajah-wajah cantik dan tampan yang menghiasi begitu memesona.

Upacara bendera  berlangsung dengan tertib dan lancar dengan Ibu Kepala Sekolah sebagai Pembina dan petugas upacara dari kelas TK B3. Dalam pidatonya, Wartiyah Lusia, S.Pd menekankan pentingnya mencintai dan menghargai budaya. “Kita harus mencintai dan menghargai budaya yang ada di Negara kita Indonesia sejak dini. Karena di Negara kita ada berbagai suku dan budaya juga agama yang beranekaragam,” ungkap Wartiyah Lusia.

“Oleh sebab itu kita harus saling menghargai dan menjaga keberagaman itu. Ibu kita Kartini juga salah satu pahlawan emansipasi wanita yang memperjuangkan hak perempuan untuk mengecap pendidikan,” tambah Lusia.

Jadi menurut Kepala TK Yos Sudarso II ini, perempuan tidak hanya bekerja memasak, mencuci dan mengurus keluarga saja tetapi juga harus sekolah. “Karena pendidikan itu sangat penting bagi kita semua,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini juga, sekolah mengajak anak-anak untuk mencintai lingkungan yang ada di sekitarnya, karena kegiatan kali ini bertepatan dengan Hari Bumi. Setelah upacara bendera selesai, anak-anak dari Kelompok Bermain sampai Kelompok Besar diajak untuk mengenal lingkungan di sekitarnya dengan keliling kompleks sekolah dan mengunjungi unit Yos Sudarso lainnya. Diawali dari Sekolah Dasar Yos Sudarso, SMP Yos Sudarso, dan terakhir SMA Katolik Yos Sudarso, kegiatan ini bertujuan agar anak-anak tahu keluarga besar sekolah Yos Sudarso. (Dwi)

Kontributor : Petra

Anda mungkin juga suka