Home » Petualangan Edukatif, Siswa SD Katolik Tanjungpinang Telusuri Keajaiban Buah di Kebun Bukit Manuk Senggarang  

Petualangan Edukatif, Siswa SD Katolik Tanjungpinang Telusuri Keajaiban Buah di Kebun Bukit Manuk Senggarang  

oleh Milawati Agustina Simanjuntak

Tanjungpinang, YTKNews.id—Dunia alam adalah laboratorium terbesar bagi para pelajar. Selasa 16 April 2024, siswa-siswi kelas IV dan V  SD Katolik Tanjungpinang telah memasuki laboratorium alam yang menakjubkan tepatnya di Kebun Koleksi Buah Bukit Manuk Senggarang. Kegiatan ini bukan sekadar perjalanan biasa, tetapi bagian dari Proyek Profil Pelajar Pancasila (P5).

Pagi itu, diawali dengan penuh semangat saat pembagian kelompok transportasi di sekolah, lalu dilanjutkan dengan doa pembukaan. Meskipun cuaca gerimis yang menjadi tantangan, semangat untuk belajar tidak tergoyahkan, dan perjalanan pun berjalan lancar menuju destinasi.

Tiba di kebun koleksi buah Bukit Manuk, petualangan pun dimulai. Para siswa diberi petunjuk lokasi oleh karyawan penanggung jawab kebun, dan dengan penuh rasa ingin tahu mereka mulai mengidentifikasi pohon buah secara langsung dalam setiap kelompok, di mana para siswa memperdalam pemahaman mereka tentang keanekaragaman pohon buah beserta manfaatnya. Seluruh siswa juga belajar berwirausaha dari olahan buah-buahan. Hal ini tentunya dilakukan sesuai dengan tema P5 yaitu kewirausahaan.

Kehadiran 11 guru pendamping, 155 siswa, dan 25 orang tua siswa yang penuh antusias menjadi saksi betapa keajaiban alam bisa menginspirasi pembelajaran. Kegiatan pun dapat berjalan dengan lancar dan penuh keceriaan hingga akhirnya selesai.

“Petualangan edukatif ini mengukuhkan keyakinan bahwa belajar bisa terjadi di mana saja, termasuk di dalam rimbunnya kebun buah,” ujar Lusiana Supriyati, S.Pd selaku kepala sekolah.(mil)

Kontributor: Astriana

Anda mungkin juga suka