Home » Tingkatkan Literasi! Mobil Pusling Kota Hadir di SMP Santa Theresia

Tingkatkan Literasi! Mobil Pusling Kota Hadir di SMP Santa Theresia

oleh Marcelina Sandra

Pangkalpinang, YTKNews.id – Rabu ceria, yakni pada 27 Maret 2024 lalu ada hal menarik di SMP Santa Theresia. Pasalnya, setelah pekan Assesment Sumatif Tengah Semester untuk kelas VII dan VIII serta Uji Coba Penilaian Sumatif Akhir Jenjang untuk kelas IX, peserta didik melakukan kegiatan menarik. Dengan hadirnya mobil perpustakaan keliling atau yang sering disebut mobil pusling milik perpustakaan kota Pangkalpinang yang sedang berkunjung bukan hanya menumpang parkir tetapi mobil ini berisikan bahan bacaan yang akan dinikmati oleh para peserta didik untuk meningkatkan literasi. Kerja sama yang dilakukan oleh Perpustakaan SMP Santa Theresia dengan Perpustakaan kota Pangkalpinang terjalin sehingga mampu menghadirkan Mobil Pusling dan merupakan program perpustakaan kota untuk meningkatkan literasi, serta memberikan kesempatan bagi peserta didik yang belum pernah menikmati buku koleksi yang ada di perpustakan Kota Pangkalpinang.

Mobil pusling yang dilengkapi dengan berbagai jenis koleksi membawa angin segar bagi para peserta didik, yang biasanya peserta didik membaca di dalam ruangan perpustakaan. Sambil menikmati udara segar di halaman sekolah, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan literasi para siswa pada kunjungan mobil perpustakaan tersebut para siswa bebas untuk memilih buku yang mereka sukai. Buku yang tersedia buku fiksi dan buku non fiksi yang terdiri dari buku dongeng, enskilopedia, novel, sejarah, dan biografi. Setiap siswa dapat mencari buku yang mereka sukai dan mengambilnya lalu duduk di depan teras kelas dan membaca buku dengan tiupan angin yang sepoi-sepoi.

“Perpustakaan keliling ini merupakan hal baru bagi siswa-siswi kelas sembilan yang biasanya membaca di dalam ruangan. Tetapi ini membaca di luar ruangan atau outdoor, nampak sekali mereka sangat bersemangat.” ujar Stefanus Prima Nugroho, guru Bahasa Inggris di SMP Santa Theresia.

“Dalam kegiatan tersebut saya memberikan tugas untuk merangkum dari buku yang mereka pilih dan hasilnya cukup bagus. Harapannya semoga perpustakaan keliling ini tetap rutin berkunjung ke sekolah sehingga anak-anak tetap semangat untuk membaca dan dijadwalkan perjenjang pada bulan berikutnya.” pungkasnya. (san)

Kontributor: Stefani Indah C.

Anda mungkin juga suka