Home » Wow! 51 Stand Makanan di SMP Santa Theresia, Ada Apa?

Wow! 51 Stand Makanan di SMP Santa Theresia, Ada Apa?

oleh Marcelina Sandra

Pangkalpinang, YTKNews.id — Kamis, 25 April 2024 lalu merupakan pelaksaan puncak kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang disebut juga dengan P5. Tema yang diambil pada kegiatan P5 kali ini adalah Kewirausahaan yakni “Digital Enterpreneurship Bidang Kuliner untuk Mewujudkan Gen-Z Berjiwa Wirausaha” dengan berfokus pada kuliner viral masa kini. Kegiatan P5 dilaksanakan selama duapekan yang di dalamnya memuat kegiatan-kegiatan berwirausaha. P5 yang dilaksanakan oleh kelas VII dan VIII ini juga menghadirkan seminar yakni Seminar Kewirausahaan oleh Dr. Rizal R Manullang, M.M., M. Kom., Dosen dari STIE IBEK. Peserta diajak untuk lebih mengenal bagaimana profil Generasi-Z, tantangan yang dialami, peluang berwirausaha dan bagaimana fakta-fakta masa kini tentang berwirausaha. Selama proses berlangsung, anak-anak dibagi ke dalam kelompok belajar dan diminta untuk mempersiapakan hal-hal yang berkaitan dengan berwirausaha seperti menentukan jajanan apa yang akan dijual, menghitung dan memperkirakan modal serta keuntungan yang akan diperoleh. Anak-anak juga diajak untuk belajar membuat video, spanduk, poster dan taster yang akan digunakan untuk mempromosikan produk kelompok.

“Dengan projek ini, kami berharap tumbuhlah jiwa keirausahaan dalam diri anak-anak, khususnya mereka sudah belajar langsung dalam projek ini” ungkap Lan Cen, S.Ag., selaku Kepala SMP Santa Theresia.

Pada kegiatan puncak “Market Day” ini, terdapat 51 stand makanan. Banyak sekali jajanan viral yang disuguhkan oleh peserta, nama-nama standnya pun unik-unik. Adapun jajanan yang disuguhkan seperti curos, ximilu, corndog, tela-tela, es cream, mie ikan, pangsit kuah, cha boba, es bunga telang, es lumut, milo lava, donat indomie, milktea cincau, mie lidi, pudding fla, jellyball, xiao long bao, es chocho chees, basreng dan beragam menu menarik lainnya. Nama-nama tokonya pun tak kalah menarik seperti Gugugaga, Vukos Mekey, Mushtea, Pytha Store, Bedelew, Amaki Dessert, Hayang Jajan, Fun Tella, Twice Bites, Crispys’n Sweet, Funtasy Flour Churros, Taklat, CNS dan 38 toko lainnya. Market Day pun semakin meriah karena banyak orangtua bahkan pengunjung dari luar sekolah ikut mengunjungi stand-stand dan membeli jajanan kelompok.

“Dengan ini, harapannya pengetahuan dan wawasan anak-anak tentang berwirausaha semakin bertambah” ucap Stefanus Prima N, koordinator P5 kali ini.

“Saya merasa bahwa situasinya meriah sekali, sangat menarik, tampilannya menarik, ini merupakan pendidikan luar biasa untuk anak-anak SMP Theresia ini. Mereka memiliki bekal untuk memsarkan produknya. Selamat untuk anak-anak, Luar biasa …” ungkap Fery Pajogo, Pemilik Smart Leraning Center, salah satu pengunjung Market Day.

Tak hanya dimanjakan dengan jajanan, namun juga ada petunjukan-pentunjukan dan penutup acara dengan pembagian lomba jingle, pantun, dan yel-yel, serta lomba stand terbaik.

Reporter: Marcelina Sandra Dewi

Anda mungkin juga suka