Home » Meningkatkan Mutu dan Kualitas, Perpustakaan SMA Santo Yosef Pangkalpinang Siap Ikuti Lomba Tingkat Provinsi

Meningkatkan Mutu dan Kualitas, Perpustakaan SMA Santo Yosef Pangkalpinang Siap Ikuti Lomba Tingkat Provinsi

oleh Alexia Dea Ariyanti

Pangkalpinang, YTKNews.id – Lomba perpustakaan tingkat Provinsi di Kepulauan Bangka Belitung pasti akan menjadi kesempatan yang luar biasa bagi SMA Santo Yosef Pangkalpinang. Lomba semacam ini tentunya dapat mendorong minat baca, mempromosikan budaya literasi, dan meningkatkan kualitas layanan perpustakaan di SMA Santo Yosef.

Dalam hal ini, SMA Santo Yosef memilki perpustakaan yang berakreditasi “B”. Secara umum, Akreditasi perpustakaan SMA Santo Yosef merupakan perpustakaan yang sudah baik dengan memiliki banyak koleksi buku dan ragam karya peserta didik. Hal seperti ini menjadi salah satu kriteria dalam penilaian serta partisipasinya dalam lomba tersebut.

“Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi adalah kesempatan yang bagus untuk memamerkan semua kegiatan dan inovasi yang telah dilakukan oleh perpustakaan SMA Santo Yosef,” ujar Fitria Dyah Palupi, S.Si. selaku pustakawati.

Sudah lama Perpustkaan SMA Santo Yosef mempersiapkan diri dalam lomba ini. Dimulai dari penyusunan profil perpustakaan. Dimulai dengan melengkapi  sejarah, visi, misi, dan pencapaian yang telah diraih perpustakaan sekolah. Tentunya tidak lupa juga menampilakan data-data yang berkaitan dengan keunikkan perpustakaan,” ujar Falentina Martini yang juga seorang pustakawati.

Dalam hal ini kami meninjau dan mendengarkan pejelasan tentang koleksi buku dan sumber daya lainnya yang tersedia di perpustakaan. Selain itu, kami juga meninjau layanan tambahan seperti layanan referensi, layanan peminjaman, klub buku, dan kegiatan lainnya yang dapat membantu memperkaya pengalaman belajar siswa,” ujar Arsa Kusuma dari Universitas Bangka Belitung.

“Kami juga menyoroti serta menilik program dan kegiatan yang telah diadakan oleh perpustakaan, seperti lokakarya, diskusi buku, pertunjukan seni, atau kegiatan lain yang telah dilakukan untuk mendorong minat baca dan pengembangan literasi,” ujar Jan First dari Universitas Bangka Belitung.

Penilaian Juri

Perkembangan inovasi dan teknologi dalam sistem manajemen perpustakaan digital atau platform pembelajaran online sangat penting. SMA Santo Yosef Pangkalpinang telah memperlihatkan hal ini dan tentu hal tersebut membantu meningkatkan aksesibilitas dan pelayanan,” ujar Uliarta Simanjuntak dari Dinas Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Perpustakaan SMA Santo Yosef sudah terlibat dengan komunitas sekolah yang lainnya dan masyarakat sekitar. Misalnya, kerjasama dengan penulis lokal, organisasi sukarela, atau kegiatan bersama dengan pihak luar lainnya, sudah dilakukan dengan sangat baik,” ujar Rini Budiarti dari Dinas Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Perpustakaan SMA Santo Yosef selalu berkolaborasi dan mempunyai jaringan. Kolaborasi atau jaringan dengan perpustakaan lain, baik di tingkat lokal maupun nasional dilakukan untuk pertukaran sumber daya dan pengalaman. Acara di tutup dengan foto bersama dengan Kepala Sekolah Frans, S.Pd, M.M., Fitria Dyah Palupi, S.Si,  Falentina Martini, Yulius Teguh Suryadi, S.Pd serta Arsa Kusuma, Jan First dari Universitas Bangka Belitung serta Cahya Triwulan, Uliarta Simanjuntak, Dian Ekatama, Rini Budiarti dari Dinas Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Semangat dan Salam Literasi , untuk perwakilan perpustakaan SMA Santo Yosef Pangkalpinang.

Penulis: Lukas Mileniawan, S.Pd 

Anda mungkin juga suka