Home » Siswa SD Maria Goretti Menyelami Kearifan Lokal Bangka Melalui Program P5

Siswa SD Maria Goretti Menyelami Kearifan Lokal Bangka Melalui Program P5

oleh Fristy Yasinta Tarigan

Sungailiat, YTKNews.id— Pada tanggal 20 April 2024, siswa-siswi SD Maria Goretti merasakan pengalaman budaya yang mendalam melalui program P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan tema “Kearifan Lokal”. Program ini bertujuan membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila, yang dirancang oleh para wali kelas dengan seksama.

Setelah program direncanakan dan disampaikan kepada para orang tua siswa, kegiatan tersebut akhirnya dilaksanakan. Tempat pertama yang dikunjungi adalah Gedung Juang Sungailiat. Di sana, mereka disambut dengan hangat oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka, Rismy Wiramadonnah, beserta stafnya. Acara diselenggarakan dengan sangat meriah, meliputi prosesi penyambutan dengan Tari Sambut, penampilan Bujang Miak Duta Pariwisata Bangka, serta pentas seni Dambus bersama maestro ternama di Pulau Bangka. Para siswa juga diajak untuk menari Campak bersama penari yang sudah disiapkan, dan mereka diberi souvenir serta foto bersama. Rismy Wiramadonnah menyatakan pentingnya mengenalkan budaya lokal kepada anak-anak sejak dini, sebagai identitas bangsa yang membedakan dengan bangsa lain.

Tempat kedua yang dikunjungi adalah Museum Timah Pangkalpinang. Di sana, para siswa disambut dengan ramah oleh guide leader Museum Timah Pangkalpinang, yang menjelaskan seputar timah dan sejarahnya di Pulau Bangka.

Siswa mengikuti P5 dengan semangat

Maria Veronika, S.H, kepala SD Maria Goretti, mengungkapkan harapannya terhadap kegiatan P5 ini, “Kami berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, khususnya kegiatan-kegiatan P5 dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka, para peserta didik semakin bertumbuh dalam membangun karakter luhur sebagaimana yang telah dijabarkan dalam Profil Pelajar Pancasila.”

“Kegiatan ini diharapkan tidak hanya memberikan pengetahuan tentang budaya lokal kepada siswa, tetapi juga membantu mereka memahami nilai-nilai sejarah dan menghargai warisan budaya bangsanya.”tambahnya dengan penuh semangat. (fyt)

Foto bersama di Museum Timah

Kontributor : Siwi dan Dewi

Anda mungkin juga suka