Home » Semarak Peringatan Hari Kartini di SD Paulus 2 Pangkalpinang di Sambut Hangat oleh Siswa-Siswi

Semarak Peringatan Hari Kartini di SD Paulus 2 Pangkalpinang di Sambut Hangat oleh Siswa-Siswi

oleh Alexia Dea Ariyanti

Pangkalpinang, YTKNews.id – Hari Kartini adalah peringatan hari kelahiran Pahlawan Kemerdekaan Nasional Raden Ayu Kartini atau akrab disebut R.A. Kartini. Tujuan peringatan Hari Kartini adalah untuk memperingati dan menghormati perjuangan R.A. Kartini untuk mewujudkan kesetaraan antara perempuan dan laki-laki di era modern di semua bidang.

Di tahun ini, SD Santo Paulus 2 Pangkalpinang melaksanakan beberapa jenis lomba untuk memperingati Hari Kartini  sebagai wujud kebanggaan dan penghormatan terhadap Raden Ajeng Kartini.

Berbagai jenis lomba yang diadakan untuk mendorong generasi muda untuk mengembangkan potensi mereka secara maksimal sebagai kesempatan untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka,. Selain itu dapat memberikan  dukungan dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untu mencapai tujuan mereka.

Adapun lomba-lomba tersebut adalah lomba mewarnai gambar yang berkaitan dangan tema Hari Kartini untuk peserta didik kelas 1,2,dan 3, lomba mengggambar dengan tema “ Kartini-Kartini Sekarang” untuk peserta didik kelas 4,5, dan 6, lomba menyanyi solo lagu “ Ibu Kita Kartini” untuk peserta didik kelas 1 sampai kelas 6, dan lomba baca puisi “ Kartini Pengejar Mimpi, oleh Afif Maulana” untuk peserta didik kelas 4,5, dan 6.

Kegiatan maising-masing kelas

Ternyata pada tanggal 21 April 2024 jatuh pada hari Minggu, maka untuk lomba mewarnai dan lomba menggambar dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 April 2024. Sedangkan lomba menyanyi solo dan membaca puisi, dilaksanakan pada hari Senin, 22 April 2024 sebagai puncak perayaannya.

Melalui lomba mewarnai dan menggambar dapat memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk menunjukkan kreativitas, bakat, dan kemampuan mereka di bidang seni dan ekspresi diri. Melalui lomba membaca puisi dan menyanyi, mereka dapat mengungkapkan penghormatan dan apresiasi mereka terhadap perjuangan RA Kartini serta rasa percaya diri.

Penanggung jawab kegiatan ini adalah  Bapak Yosef Fallo,S.Ag. dan ketua panitianya adalah Bapak Kalistinus Lundi,S,Fil. dibantu oleh rekan guru dan karyawan yang lain.

Selain rangkaian lomba di atas, panitia acara yg di komandoi oleh Bapak Kalistinus  sudah menyiapkan hadiah sederhana dan piagam sebagai apresiasi bagi mereka yang menang. Seluruh peserta didik sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian acara tersebut.

Sekolah berharap bahwa dengan lomba-lomba ini kiranya dapat menginspirasi peserta didik untuk terus mengembangkan bakat mereka, menghargai kesetaraan gender dan berkontribusi positif dalam masyarakat.

Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu.Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat  menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.”  ~ RA Kartini ~

Penulis : Caecilia Henny Trimartuti,S.Pd.

Anda mungkin juga suka