Home » Bangun Literasi SD Santo Paulus 1 Bersama Perpustakaan Keliling

Bangun Literasi SD Santo Paulus 1 Bersama Perpustakaan Keliling

oleh Alexia Dea Ariyanti

Pangkalpinang, YTKNews.id – Rabu, (22/05/2024) Perpustakaan Keliling Kota Pangkalpinang mendapat sambutan antusias dari siswa SD Santo Paulus 1 dalam kunjungannya.

Perpustakaan Keliling terjadwal secara rutin untuk mengunjungi Sekolah Dasar (SD) di Pangkalpinang dengan jadwal kunjungan sebulan sekali dengan 3 mobil yang berkeliling tiap harinya.Antusiasme siswa SD Santo Paulus 1 terlihat saat mobil Perpustakaan Keliling memasuki area sekolah dan segera mengerubungi mobil dengan harapan segera dibuka.

Para siswa tampak senang dan berebut untuk mengambil buku yang ingin dibaca. Terlihat para siswa kemudian duduk di tempat duduk yang ada di bawah pohon ataupun di aula  untuk membaca dan saling bertukar cerita dari apa yang dibaca.Karena jumlah siswa SD yang tidak cukup banyak, maka tidak digunakan sistem bergantian kelas untuk mengunjungi Perpustakaan Keliling, sehingga waktu yang diperlukan anak untuk membaca cukup lama.

Selain membaca buku, para siswa terkadang mendapat tugas dari guru untuk membuat resume atau menceritakan kembali di kelas hal yang sudah dibaca dalam kunjungan Perpustakaan Keliling.

“Di mobil perpustakaan keliling, siswa hanya bisa membaca dan tidak bisa meminjam buku yang diinginkan karena belum ada pengadaan kartu pinjam. Kendalanya kalau anak membaca bukunya di kelas jadi susah pengawasannya, walaupun akhirnya pihak sekolah yang mengembalikan,” ungkap Rusli.

“Keberadaan Perpustakaan Keliling juga membantu para guru SD Santo Paulus 1 Pangkalpinang  untuk menggiatkan tentang kegiatan literasi di sekolah dan wawasan baru terkait tempat bacaan yang beragam,” ujar Natalia Murwantini selaku Kepala Sekolah.

Melihat durasi kunjungan Perpustakaan Keliling, Natalia Murwantini berharap kalau agenda tersebut bisa berkelanjutan dengan jeda waktu yang tidak terlalu lama, bukan hanya sebulan sekali.

Rusli petugas Perpustakaan Keliling  mengungkapkan kalau Perpustakaan Keliling yang melayani SD di Pangkalpinang jumlah mobil hanya satu sehingga jadwal kunjungan hanya sebulan sekali.

“Jeda waktu yang lama disebabkan keterbatasan fasilitas Perpustakaan Keliling yang hanya tersedia 3 mobil Perpustakaan Keliling milik Perpustakaan Umum Kota Pangkalpinang. Masing-masing melayani SD, SMP, dan Lapas,” ujar Rusli.

“Hanya kalau memang ada penambahan mobil  ‘kan enak, ya. Nanti gak terlalu lama, sudah bisa berkunjung lagi ke sekolah,” tutur Emmy, kepala perpustakaan SD Santo Paulus 1.

Emmy berharap diperbanyak judul buku diperbanyak dan kalau buku-buku yang sudah tidak dalam kondisi bagus bisa diperbarukan atau disisihkan sementara agar buku-buku disajikan kepada siswa masih dalam kondisi yang baik.

Penulis : Hero

Anda mungkin juga suka