Home » Antusiasme Peserta Didik Mengikuti MPLS Di SD Santa Theresia II

Antusiasme Peserta Didik Mengikuti MPLS Di SD Santa Theresia II

oleh Alexia Dea Ariyanti

Pangkalpinang, YTKNews.id— Senin (15/07/2024) Tahun pelajaran baru pun tiba. Kendaraan hilir mudik memasuki kawasan sekolah Santa Theresia II. Pasalnya, hari itu adalah hari pertama peserta didik masuk kembali ke sekolah. Khususnya yang tampak pada aktivitas peserta didik SD Santa Theresia II Pangkalpinang, mereka begitu antusias dan begitu semangat dan ceria.

Bagi peserta didik SD Santa Theresia II, kembali ke sekolah merupakan hal yang menyenangkan. Hal ini juga menjadi pengalaman baru bagi peserta didik kelas 1. Mereka akan mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Selama 3 hari terhitung dari tanggal 15 Juli sampai 17 Juli 2024.

Sebanyak 35 peserta didik cilik generasi penerus bangsa kelas 1 begitu antusias mengikuti MPLS dengan berbagai macam tingkah mereka. Ada yang bingung mau duduk di mana pas masuk kelas, ada yang takut masuk kelas  minta didampingi orang tuanya sampai ke dalam kelas, dan fenomena bingung mencari ruang kelas barunya  pun menjadi pemandangan pagi itu.

“Semoga peserta didik bisa mengikuti kegiatan MPLS ini dengan baik, apa yang disampaikan bapak ibu guru terkait aturan, jadwal dipahami dan dipedomani, supaya kalian bisa tertib dan bisa disiplin, dan tentu bisa mempersiapkan proses pembelajaran dengan baik, semangat belajar ikuti apa yang disampaikan bapak ibu guru supaya lebih baik, ” tutur pak Heri Sutrisno, S,Pd selaku kepala SD Santa Theresia II dalam kata sambutannya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan pak Heri kepada bapak ibu orang tua peserta didik yang telah mempercayakan anak anaknya untuk bersekolah di SD Santa Theresia II.

“Semoga kita bisa kerjasama bersinergi untuk kebaikan peserta didik.”, ujarnya.

MPLS hari pertama dibuka dengan perkenalan guru-guru dan karyawan SD Santa  Theresia II  dan pengalungan bet nama peserta didik kelas 1 sebagai simbolis kegiatan MPLS di mulai di lapangan upacara. Lalu dilanjutkan dengan pengenalan wali kelas. Terlihat wajah yang gembira dan hati yang riang saat mereka mengikuti perkenalan dengan teman sekelasnya. Peserta didik kelas 1 juga berbaris membentuk kereta api mengelilingi sekolah untuk mengenal lingkungan sekolah mereka yang baru.

Hari kedua MPLS dilanjutkan dengan baris berbaris, menyanyikan lagu Indonesia Raya, doa, pengenalan lingkungan sekolah, assessment non kognitif dan kognitif di kelas masing-masing.

Hari ketiga peserta didik, guru, dan karyawan berkumpul di lapangan upacara untuk penutupan kegiatan MPLS. Kegiatan penutupan ini tandai dengan pelepasan bet nama peserta didik kelas 1 dan diiringi tepuk tangan dari peserta didik kelas 2 sampai kelas 6. Setelah itu semua peserta didik masuk ke kelas masing-masing untuk melanjutkan kegiatan pemilihan perangkat kelas, pembagian jadwal piket, penyampaian jadwal belajar, tata tertib, dan membuat kesepakatan kelas bersama wali kelas.

Kegiatan MPLS selama 3 hari ini pun telah berakhir dan berjalan dengan lancar. Semua ini tidak terlepas dari dukungan orangtua yang selalu setia menemani si buah hati dari masuk hingga sekolah berakhir, dan kerjasama dari bapak ibu guru karyawan semua.

Penulis: Hendera

Anda mungkin juga suka