Home » Sinergitas SMA Santo Yosef Pangkalpinang, Peserta Didik serta Orang Tua Dalam Pertemuan Awal Tahun

Sinergitas SMA Santo Yosef Pangkalpinang, Peserta Didik serta Orang Tua Dalam Pertemuan Awal Tahun

oleh Alexia Dea Ariyanti

Pangkalpinang, YTKNews.id – Pertemuan Awal Tahun bersama orang tua peserta didik kelas X (Sepuluh) pada Jumat, 2 Agustus 2024, di GOR SMA Santo Yosef  Pangkalpinang. Dalam pertemuan awal tahun memainkan peran penting dalam membina pembangunan komunitas di SMA Santo Yosef . Pertemuan-pertemuan ini berfungsi sebagai platform penting untuk menghubungkan siswa, orang tua, dan staf sekolah, memfasilitasi jalur komunikasi terbuka yang penting untuk lingkungan pendidikan kolaboratif.

“Selama pertemuan ini, informasi penting mengenai kebijakan sekolah, harapan akademik, dan kegiatan mendatang dibagikan, sehingga menciptakan landasan bagi komunitas SMA Santo Yosef Pangkalpinang.” tutur Frans, S.Pd.,M.M.

Acara ini, dibuka langsung oleh Frans, S.Pd., M.M., Selaku Kepala SMA Santo Yosef Pangkalpinang. Sosialisasi ini diisi dengan pemamparan awal oleh kepala sekolah, sesi kedua diisi Fransisca Rindiyarti, S.Pd bagian kesiswaan, sesi ketiga didisi Novi Kristinarini, S.Pd. bagian kurikulum. Selain itu, pertemuan-pertemuan ini membantu membangun kepercayaan dan saling menghormati di antara seluruh pemangku kepentingan, yang penting untuk kolaborasi yang efektif.

“Dengan meningkatkan rasa kebersamaan yang kuat, pertemuan Awal Tahun mendorong partisipasi aktif dari orang tua dan siswa, sehingga menghasilkan lingkungan sekolah yang lebih kohesif.” tutur Novi Kristinarini, S.Pd., Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum.

Strategi komunikasi yang efektif merupakan bagian integral dari keberhasilan pendekatan kolaboratif antara SMA Santo Yosef , siswa, dan orang tua. Sekolah menggunakan berbagai metode untuk memastikan komunikasi jelas dan dapat diakses, termasuk buletin, email, dan pertemuan langsung. Saluran-saluran ini memungkinkan orang tua untuk terus mendapatkan informasi tentang kemajuan akademis dan acara sekolah anak-anak mereka, sekaligus memberikan kesempatan bagi mereka untuk menyuarakan keprihatinan dan saran mereka. Selain itu, selama Pertemuan Awal Tahun bertemu dengan orang tua tentang bagaimana mereka dapat mendukung pembelajaran anak-anak mereka di rumah, sehingga memperkuat kemitraan antara rumah dan sekolah.

“Dengan membina komunikasi yang transparan, sekolah meningkatkan kepercayaan dan keterlibatan di antara semua pihak yang terlibat.” tutur Fransisca Rindiyarti, S.Pd., Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.

Keterlibatan orang tua dan siswa merupakan faktor kunci keberhasilan dalam kegiatan sekolah di SMA Santo Yosef. Hal ini, menunjukkan bahwa ketika orang tua berpartisipasi aktif dalam pendidikan anak-anak mereka, peserta didik cenderung mencapai prestasi akademik yang lebih tinggi dan menunjukkan perilaku yang lebih baik. SMA Santo Yosef  terus mendorong keterlibatan ini dengan mengundang orang tua untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, seperti sosialisasi, rekoleksi, kesempatan menjadi sukarelawan, dan acara sekolah, sehingga memungkinkan mereka memberikan kontribusi yang berarti kepada komunitas sekolah. Selain itu, dengan berkolaborasi dengan orang tua dalam inisiatif yang mendukung pertumbuhan peserta didik, SMA Santo Yosef selalu berusaha untuk memupuk tanggung jawab bersama atas keberhasilan peserta didik. Sinergi ini tidak hanya memberikan manfaat bagi peserta didik, tetapi juga memperkuat komunitas sekolah secara keseluruhan, menciptakan lingkungan di mana setiap orang dapat berkembang.

Penulis:  Lukas Mileniawan, S.Pd 

Anda mungkin juga suka