Home » Ajang YSDC 2024 SMAKYS Batam Sukses Digelar

Ajang YSDC 2024 SMAKYS Batam Sukses Digelar

oleh Dwiky Natalia

Batam, YTKnews.id- Sabtu, (21/9) SMAK Yos Sudarso kembali menggelar agenda rutin tahunan mereka yakni Yos Sudarso Debate Competition atau yang dikenal dengan YSDC. Kegiatan yang dilakukan secara daring ini berakhir hari Minggu (22/9) dengan diikuti 32 peserta dari sekolah di seluruh penjuru tanah air.

Acara dibuka dengan sambutan istimewa dari RD Servasius Samuel, S.Psi., M.Psi selaku ketua Yayasan Tunas Karya. Dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa YSDC 2024 diselenggarakan dengan tujuan menggali dan mengembangkan bakat-bakat yang unggul dari peserta didik, “Teristimewa untuk mengasah kemampuan dalam berkomunikasi dan berbahasa Inggris kalian,” ujarnya.

Sumiyati,S.Pd.,M.M., selaku kepala sekolah juga mengapresiasi dan menyemangati peserta dalam kegiatan ini. “Kita patut bersyukur ada wadah ini sehingga kita bisa melakukan uji kompetensi melalui debat Bahasa Inggris,” ucapnya mengawali sambutan.

Situasi kompetisi

Pada kompetisi kali ini terjadi peningkatan peserta dibandingkan kompetisi tahun lalu. Paulus Yanu Armanto, S.Pd., selaku  koordinator YSDC 2024 menyampaikan ada total 32 tim peserta dari berbagai kota yang mengikuti kompetisi ini. Tim ini adalah perwakilan dari sekolah SMA Djuwita Batam, SMA Mondial Batam, SMAN 1 Pekalongan Jawa Tengah, SMAN 1 Dompu NTB, SMAN 28 Jakarta, ACS Jakarta, SMA Budi Utama Surabaya, MAN 2 Pekanbaru, SMA Kristen Sunodia Samarinda, SMA BPK Penabur Cirebon, SMAN 1 Tanjungpinang, SMAN 2 Tangerang Selatan, SMA Maitreyawira Batam, SMA Bodhi Dharma Batam, SMAK Yos Sudarso Batam, SMA Pahoa Tangerang, SMAN 3 Samarinda, SMA Santo Yusup Tanjung Balai Karimun dan SMA Santo Yosef Pangkalpinang.

Terdapat inovasi baru yang menarik dalam YSDC tahun ini. Sebuah apresiasi diberikan untuk peserta lomba yang berumur di bawah 16 tahun. “Kami ingin mengapresiasi anak-anak yang masih under sixteen yang belum mempunyai pengalaman yang mumpuni”, ucap Glen selaku ketua panitia siswa YSDC 2024.

Salah satu juri YSDC, Christopher Tjia

Adapun hadiah yang diperebutkan dari kompetisi ini sebesar Rp3.000.000 untuk juara utama, lalu Rp1.500.000 untuk 1st runner up, lalu Rp500.000 untuk Co-2nd runner up dan Rp250.000 untuk Best speaker. Selain itu juga ada hadiah untuk U-16 Champion sebesar Rp1.000.000 dan 1st Runner Up (U-16 Break) Rp500.000.

“I believe we can win this motion. Our argument was quite strong,” ucap salah satu anggota Oyster, tim debat Bahasa Inggris SMAK Yos Sudarso Batam.  Dalam kompetisi ini dua siswa dari SMAK Yos Sudarso berhasil masuk top 10 Best Speaker yaitu Cristiana Sila Priani Dulla dan Sheralyn Ziva P. Pangentasan. (DN)

Kontributor : Andreas Taruna

Anda mungkin juga suka