Home » Guru-guru IPS di SMP Santa Theresia “Ajar Metik Kopi”, Kok Bisa?

Guru-guru IPS di SMP Santa Theresia “Ajar Metik Kopi”, Kok Bisa?

oleh Marcelina Sandra

Pangkalpinang, YTKNews.id — Hari itu, pagi-pagi, terlihat wajah-wajah asing di SMP Santa Theresia. Begitu tiba di lingkungan SMP Santa Theresia, mereka langsung berjalan menuju ruang pertemuan SMP Santa Theresia di lantai 2. Siapakah mereka dan apa keperluan mereka berada di SMP Santa Theresia?

Rupanya Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS SMP Kota Pangkalpinang menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 dengan meminjam tempat di ruang pertemuan SMP Santa Theresia. Kegiatan Bimtek tersebut dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yakni pada hari Rabu dan Kamis, tanggal 9-10 Oktober 2024, diikuti oleh 33 orang guru IPS dari berbagai SMP negeri maupun swasta.

Kegiatan Bimtek yang mengusung tema “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Komunitas Belajar” ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Bapak Erwandy, S.E., M.M. Dalam kata sambutannya sebelum membuka kegiatan, beliau menyampaikan bahwa guru-guru zaman sekarang selain memiliki 4 kompetensi sebagaimana diwajibkan, yakni kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial, juga harus bisa “AJAR METIK KOPI”. Secara harafiah, ini berarti “mengajar memetik buah kopi”. Tetapi apa sesungguhnya yang beliau maksudkan?

foto bersama

Rupanya “Ajar Metik Kopi” adalah akronim yang dibuat sendiri oleh bapak kepala dinas yang kreatif ini. Kepanjangan “ajar metik kopi” adalah adaptif, pembelajar, melek teknologi, kolaboratif, dan berpikir ke depan. Beliau mendorong guru-guru harus menjadi adaptif dengan perubahan dan kemajuan zaman, harus menjadi seorang pembelajar sepanjang hayat, harus melek teknologi (menguasai teknologi), sekaligus harus mampu berkolaborasi dengan berbagai pihak, dan mampu berpikir ke depan atau memiliki visi. Beliau sangat mengapresiasi MGMP IPS yang menyelenggarakan kegiatan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru karena guru-guru memang perlu selalu berupaya meningkatkan kompetensinya melalui berbagai cara. Sebagai bentuk dukungan, beliau rela meluangkan waktu di tengah berbagai kesibukan sebagai kepala dinas dan juga kesibukan mengerjakan disertasinya, untuk sejenak hadir dan menyapa para guru. Beliau juga berterima kasih kepada SMP Santa Theresia yang sudah menyediakan ruangan yang representatif serta menyediakan fasilitas yang mendukung kegiatan ini.

 

Kontributor: Lidwina

Anda mungkin juga suka