Home » Semarak Kemerdekaan Terpancar di TK St. Hilarius

Semarak Kemerdekaan Terpancar di TK St. Hilarius

oleh REPORTER St. HILARIUS

Peringatan HUT Kemerdekaan RI setiap tahun harus menjadi momentum untuk terus berjuang, menggaungkan kembali semangat berusaha para pejuang. Pada momen ini biasanya warga TK St. Hilarius turut menyemarakkan dengan berbagai kegiatan, salah satunya mengikuti berbagai perlombaan yang diadakan dalam merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia. Beraneka perlombaan dan hadiah pun telah dipersiapkan jauh sebelum acara berlangsung. “Kegiatan ini sangat seru. Anak-anak dan orang tua bekerja sama dengan baik untuk menjadi juara. Kegiatan ini bisa juga mengingatkan kita akan perjuangan para pahlawan yang telah gugur melawan penjajah”, ucap Rosita pramusaji sekolah.

.

Sebelum melaksanakan lomba, orang tua diajak untuk senam bersama di halaman. “Waduh, sudah lama saya tidak pernah senam (sambil tertawa). Ayo ibu, jadi instruktur senam. Kami sudah siap sedia”, ucap seorang mama dari baris paling belakang. Adapun lomba yang diadakan dalam memeriahkan HUT RI yakni : Misteri kantong hitam, Estafet kelereng beregu, estafet air, masukkan paku dalam botol dan tarik tambang. Semua lomba diikuti dengan semangat yang selalu menyala. Panas terik matahari tidak membuat mereka meredup. “Ayo mama, terus, tarik talinya”, teriak anak dengan suara yang keras, memberi dukungan kepada sang mama yang ikut lomba tarik tambang.

Selain lomba untuk anak dan orang tua, Sr. Felisitas Sihura OSF selaku kepala sekolah, juga membuat suatu lomba yang cukup menarik, untuk seluruh guru dan karyawan di TK St. Hilarius. Lomba tersebut adalah memasukkan air dalam botol dengan mata tertutup. Lomba ini dibuat dengan tujuan melatih kesabaran dan fokus seluruh guru dan karyawan.

“Menurut saya acara kemarin cukup bermakna buat saya maupun anak saya. Ini adalah bulan spesial memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Selain have fun, adapun yang ingin disampaikan dalam lomba kali ini adalah, agar kita semua senantiasa bersyukur atas kemerdekaan yang telah kita dapatkan, melalui perjuangan para pahlawan kita terdahulu. Kita juga mengenang jasa para pejuang dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Sebagai generasi penerus, kita melanjutkan dan mengisi kemerdekaan dengan penuh semangat. Saya melihat semua peserta sangat semangat, penuh kegembiraan. Kegiatan lomba begitu variatif. Walaupun kegiatan ini cukup sederhana, tetapi guru-guru maupun panitia mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, sehingga acara berjalan lancar dan penuh kemeriahan.  Adapun kado buat para juara, dan saya juga senang ketika menang lomba bersama anak saya. Dirgahayu Indonesiaku ke 79. Merdeka!”, kisah Mama Shiera ketika diwawancarai. Beliau adalah salah satu Komite Sekolah.

Penulis: Agustina Dewi Trianti

Anda mungkin juga suka