Home » SMP Santo Yusuf Gelar Beragam Kegiatan Peringatan HUT RI Ke-76, Theresia Sulastri Sebut Makna Kemerdekaan Saat Ini Adalah Melawan Covid-19

SMP Santo Yusuf Gelar Beragam Kegiatan Peringatan HUT RI Ke-76, Theresia Sulastri Sebut Makna Kemerdekaan Saat Ini Adalah Melawan Covid-19

oleh
Foto : Perayaan HUT RI ke 76 SMP St. Yusuf
 
Tanjung Balai, YTKNews.id– Momen hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia, termasuk SMP St Yusuf yang turut menyambut peringatan hari kemerdekaan dengan penuh suka cita.
 
Walaupun di tengah pandemi covid-19 sedang melanda, hal tersebut tidak menyurutkan semangat siswa, guru, dan karyawan SMP St Yusuf untuk membuat beberapa kegiatan dalam mengisi peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76, diantaranya lomba menggambar digital, kuis menggunakan Aplikasi Kahoot, serta Upacara Bendera secara virtual.
 
Puncak kegiatan SMP St Yusuf pada peringatan HUT RI ke-76 adalah pelaksanaan Upacara Bendera secara virtual, yang merupakan sejarah bagi SMP St Yusuf karena pertama kali melaksanakan Upacara Bendera memperingati kemerdekaan Indonesia secara virtual dengan menggunakan Aplikasi Zoom Meeting.
 
Upacara dilaksanakan langsung dari lapangan SMP St Yusuf dengan mengedepankan protokol kesehatan covid-19, dengan melibatkan guru-guru dan karyawan SMP St Yusuf sebagai petugas upacara, dan diikuti seluruh siswa secara daring dari rumah.
 
Bertindak sebagai pembina upacara adalah Kepala Sekolah SMP St Yusuf, Theresia Sulastri, yang saat menyampaikan amanat pembina upacara mengatakan untuk mengenang kembali jasa para pahlawan yang telah berjuang melawan penjajah.
 
Foto : Perayaan HUT RI ke 76 SMP St. Yusuf
 
“Sesuai tema kemerdekaan tahun ini adalah Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh, kita harus tetap tangguh dalam menghadapi cobaan saat ini dan tumbuh menjadi lebih baik,” kata Theresia, Selasa (17/8/2021).
 
Ia mengatakan bahwa di tahun kedua pademi covid-19 ini sekolah masih menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh, namun ia berharap agar semangat belajar tidak pernah luntur, dan harus memupuk semangat seperti para pendahulu/ pahlawan.
 
“Akhirnya makna kemerdekaan saat ini adalah melawan covid-19, dengan salah satunya mematuhi protokol kesehatan yang ketat sesuai anjuran pemerintah. Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Theresia.
 
Pembina OSIS SMP St Yusuf, Hendra mengungkapkan lomba menggambar digital diikuti 23 orang siswa yang mengambil tema tentang kemerdekaan dan situasi Indonesia saat ini. Berbagai kreatifitas siswa muncul dilihat dari hasil gambar yang diserahkan pada tanggal 16 Agustus 2021.
 
Foto : Perayaan HUT RI ke 76 SMP St. Yusuf
 
“Ini menjadi ajang kreasi siswa untuk mengisis kemerdekaan dan menunjukkan bakat pada seni menggambar,” kata Hendra.
 
Ia mengatakan pada kuis yang menggunakan Aplikasi Kahoot, panitia membuat 25 soal tentang sejarah kemerdekaan yang bertujuan untuk mengingatkan kembali peristiwa proklamasi kemerdekaan. Sebanyak 19 siswa yang merupakan wakil dari setiap kelas antusias mengikuti kuis Kahoot ini.
 
“Walaupun masing-masing siswa mengikuti kuis ini dari rumah, namun tidak menyurutkan semangat mereka dalam menguji wawasan tentang peristiwa kemerdekaan Indonesia,” katanya.(JnP/YTKNews.id)
 
Reporter: Hendra

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.