Home » Walau Pandemi, Kepsek dan Tim Akademik SMP St Yusuf Antusias Persiapkan ANBK 2021

Walau Pandemi, Kepsek dan Tim Akademik SMP St Yusuf Antusias Persiapkan ANBK 2021

oleh

Tanjung Balai, YTKNEWS.Id—Walaupun Pandemi Covid 19 belum redah, tetapi tak menyurutkan semangat Kepala Sekolah dan para pendidik di SMP St Yusuf Tanjung Balai Karimun dalam mempersiapkan Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK 2021. Pasalnya  jadwal pelaksanaan ANBK ini hanya tinggal hitungan hari.

Seperti diketahui, pelaksanaan ANBK jenjang SMP tahun 2021 dimulai pada 4 sampai dengan 7 oktober 2021. Berbagai persiapan sebelum melaksanakan ANBK 2021 pun dilakukan pada setiap sekolah termasuk SMP Santo Yusup.

Hari ini merupakan hari pertama pelaksanaan gladi bersih ANBK yang diikuti 45 siswa yang dibagi menjadi 3 sesi selama 2 hari (senin dan selasa, 13 September dan 14 September 2021). Sesi I dimulai jam 7.30 wib, sesi II pada jam 10.30 wib dan sesi III pada 14.00 wib.

Berbagai persiapan dilakukan SMP Santo Yusup untuk menghadapi ANBK 2021 ini dimulai dari pendampingan pembahasan soal-soal AKM oleh bapak ibu guru, simulasi pada 1 september 2021 kemudian dilanjutkan gladi bersih yang sekarang dilaksanakan hari ini dan besok tanggal (13-14 september 2021).

Kepala SMP Santo Yusup, Theresia Sulastri dalam hal ini mengkoordinasi persiapan gladi bersih menyampaikan bahwa “tujuan melaksanakan gladi bersih adalah melihat kesiapan sekolah dalam hal perangkat komputer, teknisi, proktor dan peserta didik dalam mengikuti serta mengetahui apakah server pusat dapat mengakomodir pelaksanaan ANBK 2021 secara optimal”.

“Di awal pelaksanaan hari pertama ini sempat terjadi kendala token ujian belum muncul sesuai jadwal sehingga sedikit terjadi keterlambatan untuk memulainya, namun pelaksanaan untuk sesi I ini berlangsung lancar hingga berita ini dituliskan walaupun sempat hujan deras di pagi hari,” tutur Theresia Sulastri.

Pada pelaksanaan simulasi, gladi bersih dan pelaksanaan ANBK SMP Santo Yusup menggunakan jaringan internet semi-online yang pernah dilakukan pada UNBK sebelumnya. Ini mengantisipasi kendala yang terjadi jika hanya menggunakan jaringan internet secara online.

ANBK merupakan program Pemerintah sebagai penilaian terhadap mutu sekolah dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. ANBK bertujuan untuk mengetahui gambaran karakteristik esensial sebuah sekolah dan madrasah yang efektif dalam mengembangkan kompetensi dan karakter siswa. Mulai dari ciri pengajaran yang baik, sampai program dan kebijakan sekolah yang membentuk iklim akademik, sosial, dan keamanan yang kondusif. Semoga dengan berbagai persiapan yang dilaksanakan SMP Santo Yusup tercapai sesuai dengan tujuan pemerintah pada umumnya dan tujuan SMP Santo Yusup menjadi yang terbaik khususnya. (***)

Reporter- Hendra

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.