Home » 134 Siswa SMP Paulus Ikuti Penyuluhan Tentang Bahaya Narkoba

134 Siswa SMP Paulus Ikuti Penyuluhan Tentang Bahaya Narkoba

oleh

Pangkalpinang, YTKNews.id– SMP Santo Paulus bekerja sama dengan Penggiat Anti Narkoba Pangkalpinang Pdt. Agustiawan Silaban, S.Th. mengadakan penyuluhan yang diikuti oleh 134 siswa kelas VII-IX tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan pencegahannya dengan mengusung tema ‘Keluarga Bahagia Tanpa Narkoba’, Senin (25/10/2021).

Penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar merupakan salah satu hal yang perlu diwaspadai orangtua, sebab ada banyak bahaya narkoba bagi pelajar, bentuknya pun bermacam-macam mulai dari merusak masa depan hingga mengancam kesehatan tubuh, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Orangtua disarankan untuk memahami beragam bahaya narkoba bagi kesehatan supaya bisa menyampaikannya kepada anak, sehingga dapat mencegah berbagai dampak narkoba.

Korban penyalahgunaan narkoba dari kalangan pelajar masih menunjukkan kenaikan yang cukup siginfikan dari tahun ke tahun, dan korban-korban tersebut harus ditolong agar tidak terjerumus ke dalam jerat narkoba.

Peran orang tua dalam rangka membantu para remaja dan mahasiswa agar tidak terjerumus ke dalam kubang narkoba sangat dibutuhkan, apalagi apabila para korban penyalahgunaan narkoba tersebut adalah dari kalangan terdekat keluarga, seperti adik, keponakan, saudara atau mungkin anak sendiri.

Dibutuhkan kerja keras dan kasih sayang yang tulus untuk mengangkat para korban narkoba dari jeratan narkoba, dengan tidak menyalahkan para korban narkoba, serta dengan memberikan perhatian dengan tulus dan penuh kasih sayang.

Orangtua juga harus menganggap bahwa korban penyalahguna narkoba adalah orang yangsedang menderita penyakit dan butuh pertolongan untuk kesembuhannya. Dan untuk dapat menolong para korban menjadi sembuh dan normal kembali diperlukan pegetahuan dan teknik tersendiri.

Dalam penyuluhan tersebut, Pdt. Agustiawan mengenalkan kepada siswa bahwa narkoba adalah zat/ obat dari tanaman/ bukan tanaman yang dapat menimbulkan ketergantungan, gangguan kesadaran, mengganggu daya pikir, daya ingat, konsentrasi, persepsi, perasaan, dan perilaku.

“Cobalah terbuka dan berkomunikasi dengan orang tua karna terkadang saat kita kurang diperhatikan kita mencari pelarian,” kata Pdt. Agustiawan, Senin (25/10/2021).

Kepala SMP Santo Paulus, Antonius Hanung Prasangka mengatakan bahwa jangan sekali-kali mencoba narkoba dalam bentuk apapun, karna jika sudah mencoba maka dapat merusak apapun.

“Say no to Drugs. Lakukan sesuatu hari ini yang akan membuat dirimu di masa depanmu berterimakasih,” kata Antonius.

“Kamu perlu menyadari, hidup ini ada kalanya diwarnai pencobaan dan kegagalan. Namun, yang terpenting adalah bangkit kembali setelah dirimu terjatuh” Dikutip dari 40 Kata-Kata Motivasi untuk Masa Depan yang Lebih Sukses, Bijak, dan Menginspirasi.(JnP/YTKNews.id)

Reporter : J. H. Sagala

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.