Home ยป Tanamkan Jiwa Kebangsaan dan Nasionalisme Kepada Peserta Didik, SMP Yos Sudarso Gelar LDK Selama Dua Hari

Tanamkan Jiwa Kebangsaan dan Nasionalisme Kepada Peserta Didik, SMP Yos Sudarso Gelar LDK Selama Dua Hari

oleh admin

Batam, YTKNews.id– SMP Yos Sudarso Batam melaksanakan program Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) selama 2 hari pada tanggal 9-10 Oktober 2021 di SMP Yos Sudarso Batam, bekerjasama denga Polresta Barelang, dan diikuti oleh 22 peserta didik SMP Yos Sudarso, Senin (11/10/2021).

Guru PJOK dan Pembina OSIS SMP Yos Sudarso Batam, Indra Walden Septian Saragih, S.Pd., mengatakan kegiatan LDK merupakan program tahunan bagi OSIS SMP Yos Sudaro Batam dan beberapa siswa-siswi pilihan.

Dikatakannya, kegiatan LDK tersebut meliputi Pelatihan Baris-Berbaris (PBB) dasar dan lanjutan, Materi Management Waktu oleh Kepala SMP Yos Sudarso, Agus Sekti Susila Atmojo, M.Si., dan kegiatan outbond yang dibawakan oleh Indra Walden Septian Saragih, S.Pd., dan Donal Pandiangan, S.Pd.

“Materi manajemen waktu ini sangat penting sekali dalam hal bagaimana cara membagi waktu pribadi dengan organisasi sehingga keduanya bisa tercapai maksimal,” kata Indra.

Indra mengatakan LDK merupakan bentuk program pengembangan dengan tujuan memberikan pembekalan kepada para siswa dalam bidang semangat jiwa kebangsaan dan nasionalisme, serta mempersiapkan para siswa menjadi pemimpin yang memiliki keterampilan memimpin dan memiliki passion.

Selain itu, Indra mengatakan tujuan LDK adalah untuk membangun kemandirian, rasa percaya diri, tanggung jawab, disiplin, serta menghormati orang lain.

“Harapannya kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap sikap, perilaku, dan karakter siswa dalam hal semangat kebangsaan dan nasionalisme,” katanya.

“Karena para siswa ini adalah generasi muda penerus bangsa yang ada di garis depan untuk membangun bangsa,” kata Indra.

Menurutnya, program LDK bagi siswa-siswi SMP Yos Sudarso Batam sangat penting karena remaja di usia ini adalah kelompok remaja yang sedang membangun jati dirinya.

Ia mengungkapkan nilai-nilai yang ditanamkan selama pelatihan tentunya nilai-nilai dasar positif yang berlandaskan 10 keutamaan pendidikan Yayasan Tunas Karya (YTK), yaitu cinta kasih, berbakti, ramah tamah, sopan santun, jujur, disiplin, tanggung jawab, tekun, bertindak adil, dan bersahaja.

“Nilai-nilai yang ditanamkan berdasarkan pada 10 keutamaan YTK akan lebih mudah tertanam dalam diri mereka karena pada masa tersebut mereka sedang berada dalam periode mencari-cari model yang akan mereka contoh,” kata Indra.(JnP/YTKNews.id)

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.