Home » Ternyata Begini Trik Tingkatkan Literasi Membaca Siswa Di SD Regina Pacis Tanjung Pandan

Ternyata Begini Trik Tingkatkan Literasi Membaca Siswa Di SD Regina Pacis Tanjung Pandan

oleh humas YTK

Tanjung Pandan, YTKNews.id – Pembelajaran yang  menarik sejatinya memang tidak selalu dilakukan di dalam kelas, namun hal tersebut juga bisa dilakukan diluar kelas. Hari Rabu dan Kamis tanggal 23-24 Maret 2022, peserta didik kelas V SD Regina Pacis Tanjung Pandan membuktikannya. Meski masih masa transisi dari pandemi menuju endemi, hal itu tidak membuat patah semangat untuk selalu berkarya.

Ternyata,untuk meningkatkan literasi membaca, anak-anak melakukan kunjungan ke perpustakaan daerah yang beralamat di Jalan Ahmad Yani. Sebanyak 64 peserta didik yang dibagi dalam dua kelompok dalam waktu 2 hari bersama 2 guru pendamping. Kedatangan anak-anak disambut baik oleh para pegawai perpustakaan.

Pada kesempatan itu, para peserta didik  ke area visualisasi dan berkesempatan mendapatkan materi dari Jantayau, seorang pustakawan yang bertugas di tempat itu. Di sela-sela mendengarkan pemaparan materi, diselingi sesi tanya jawab. Ternyata menarik, tersedia hadiah bagi 10 siswa yang menjawab dengan cepat dan tepat.

Hal sederhana yang membuat peserta didik sangat antusias , rasa gembira muncul meski mereka tidak belajar di dalam kelas tetapi dapat berkunjung ke perpustakaan daerah. Selain kunjungan, ini merupakan tugas dari sekolah untuk mencari buku non fiksi untuk di baca dan di ringkas isi dari buku tersebut.

“Untuk menjadi anggota perpustakaan harus memiliki kartu perpustakaan, Syarat untuk menjadi anggota perpustakaan yaitu membawa kartu identitas diri seperti KK dan kartu pelajar, atau KTP bagi orang dewasa, dan pendaftaran anggota ini dilakukan melalui sistem Otomasi perpustakaan (INLIS LITE),” jelas Jantayau.

Perpustakaan yang didirikan sejak tahun 1988, saat ini sudah memiliki perpustakaan digital dengan nama iBelitung dapat didownload di play store. Mengutip dari kata-kata orang bijak  ‘membaca buku-buku yang baik berarti memberi makanan rohani yang baik’. Mari kita tingkatkan minat baca kita agar hidup menjadi lebih mudah.

Fiolen M R Toruan, S.Pd.SD sebagai salah satu guru pendamping mengatakan kegiatan ini bertujuan agar anak-anak mengenal isi dan buku apa saja yang ada di perpustakaan daerah.

“Kami ingin memperkenalkan kepada anak-anak, seperti apa pembelajaran outdoor dan semoga dengan ini semakin menumbuhkan minat baca anak,” ujar Fiolen, Jumat 25 Maret 2022.

“Hari itu anak-anak sangat senang sekali, mereka bebas memilih tempat untuk membaca sehingga merdeka belajar benar-benar terasa,” tambahnya lagi. nys

Reporter : Sr.M.Eufrasia, FCh.

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.