Home » Kelulusan Kelas IX SMP Yosef Belinyu Hanya 95%, Ada Drama Apa?

Kelulusan Kelas IX SMP Yosef Belinyu Hanya 95%, Ada Drama Apa?

oleh humas YTK

Belinyu, YTKNews.id – Rabu, 15 Juni 2022 SMP Santo Yosef Belinyu mengadakan acara pengumuman kelulusan dan pelepasan peserta didik kelas 9 tahun pelajaran 2021/2022 dengan tema ‘Kerja Keras, Bermimpi Besar, dan Pantang Menyerah’ di Rumah Pembinaan Umat (RPU) Santo Yosef Belinyu.

Pada kesempatan itu, kepala sekolah mengumumkan bahwa presentase kelulusan SMP Yosef hanya 95%, yang berarti ada dua orang siswa tidak lulus.

Tetapi ternyata itu hanyalah sebuah prank yang disajikan panitia untuk menambah hari itu semakin berkesan. Panitia membuat kejutan dengan menyediakan 2 buah balon, masing-masing balon bertuliskan kelas 9.1 dan 9.2. Ketika balon 9.1 dipecahkan, ternyata tidak ada kertas di balon itu yang berarti peserta didik kelas 9.1 lulus semua.

Suasana semakin mencekam karena berarti ada peserta didik yang belum berhasil lulus tersebut berasal dari kelas 9.2. Terlihat mata orang tua dan siswa kelas 9.2 mulai berkaca-kaca. Ketika balon bertuliskan 9. 2 dipecahkan, ternyata ada 2 kertas di dalamnya, yang masing-masing kertas terdapat gambar yang menunjukkan  simbol anak laki-laki dan perempuan.

Hal itu berarti ada 1 anak laki-laki dan 1 anak perempuan yang tidak berhasil.  Air mata para peserta didik kelas 9 dan para orangtua sudah tidak terbendung lagi. Tangis pecah dan mengalir di pelupuk mata mereka.

Ternyata kertas yang berasal dari balon yang bertuliskan 9.2 tadi ketika dibalik terdapat  tulisan + 2,5%  dan +2,5% di masing-masing kertas. Pembawa acara pun dengan sigap langsung memberitahukan bahwasannya presentase kelulusan peserta didik kelas 9 tahun pelajaran 2021/2022  mencapai 100%. Tangis haru para peserta didik kelas 9 dan orangtua mereka semakin pecah, penuh syukur dan bahagia

Acara ini turut dihadiri tamu undangan Kepala Sekolah TK dan SD Santa Agnes beserta guru,pegawai, juga di hadiri oleh Pastor Paroki Belinyu, Suster KKS Belinyu, Komite SMP Santo Yosef,  dan orang tua dari kelas IX.

Rangkaian acara ini diselingi dengan pemberian piagam penghargaan kepada peserta didik kelas IX peraih 10 besar nilai tertinggi hasil ujian sekolah. Acara ini juga dikemas sekaligus perpisahan dengan guru mata pelajaran Matematika, Hamidah S,Pd yang sudah memasuki masa purna bakti, juga guru mata pelajaran Bahasa Inggris, Nasrani Purba S.Pd yang melanjutkan karir di tempat lain, juga pemberian kenang-kenangan kepada seluruh bapak dan ibu guru dari para peserta didik.

Di penghujung acara dilanjutkan dengan pelepasan seluruh peserta didik kelas 9 dengan pengalungan medali, penyerahan Surat Keterangan Lulus (SKL) beserta rapor dan bersalaman antara peserta didik kelas 9 dengan seluruh dewan guru. *(nys)*

Penulis : Zimmi Idaman Sitepu, S.Pd dan Jaka hartanya, S.Pd

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.