Home » Hal Ini Yang Terjadi Pada Hari Guru di SMP Maria Goretti

Hal Ini Yang Terjadi Pada Hari Guru di SMP Maria Goretti

oleh Redaktur Ytknews

Sungailiat, YTKNews.id – Bersempena dengan peringatan 77 tahun PGRI, hari Jumat, 25 November 2022, guru-guru SMP Maria Goretti Sungailiat menggelar acara belajar bersama.

Kegiatan ini menjadi istimewa, karena berbeda dengan perayaan hari Guru di tahun-tahun sebelumnya. Dengan orientasi mengembangkan diri demi meningkatkan pelayanan pendidikan, guru-guru menyambut kegiatan ini dengan antusias, kendati sederet agenda Maria Goretti Cup masih merebut perhatian.

Hadir sebagai narasumber, Pengawas Satuan Pendidikan, Dra. Rinita. Pertemuan di hari istimewa ini mengupas lebih mendalam materi “Implementasi Kurikulum Merdeka.” Dalam pelatihan yang terkesan interaktif dan komunikatif ini, narasumber dengan piawai memadukan teori-teori tentang Kurikulum Merdeka dengan pengalaman real di lapangan.

Dra Rinita (Pengawas Satuan Pendidikan)

Ditekankan oleh Rinita, seluruh pembelajaran benar-benar harus tepat konteks dan mengakomodasi serta melayani kebutuhan siswa di lapangan. Maka, konsep deferensiasi konten menjadi hal yang ditekankan.

Narasumber yang sudah sarat pengalaman ini juga menekankan perlunya komunikasi yang baik dengan berbagai pihak supaya dinamika Merdeka Berubah yang sudah mulai digulirkan di SMP Maria Goretti tetap dibingkai dengan pemahaman yang tepat dan holistik, utamanya oleh orang tua siswa. Ditekankan juga tentang pentingnya penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai jembatan perekat persatuan serta penghubung keanekaragaman.

Kegiatan ini dipungkasi oleh Kepala SMP Maria Goretti, Kristiawan, dengan pesan serta ajakan supaya roh dan semangat Kurikulum Merdeka benar-benar terinternalisasi dalam gerak keseharian di SMP Maria Goretti. Sebab, sebaik-baiknya kurikulum adalah penerapan terbaik yang dilandasi dengan kesungguhan hati. Beliau juga mengingatkan bahwa guru sebagai hidden curriculum adalah subjek yang tak terpisahkan dalam berbagai dinamika meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan. (sfn)

Penulis : Njuk Fan, S.Pd

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.