Home » Unik! Sosok Kepala Sekolah YTK Yang Satu Ini, Mulai Rintis Karirnya Dari Pustakawati

Unik! Sosok Kepala Sekolah YTK Yang Satu Ini, Mulai Rintis Karirnya Dari Pustakawati

oleh Redaktur Ytknews

Muntok, YTKNews.id–Sosok Kepala Sekolah di lingkungan Yayasan Tunas Karya (YTK) yang satu ini, terhitung mulai merintis karir nya di pelayanan pendidikan mulai dari bawah. Pasalnya, ketika awal mengabdi di YTK, tahun 1994, ia menjadi pustawati di SMP St Maria Muntok, tahun 1994.

Dia, kini menjadi pemimpin alias kepala sekolah di TK  Santa Maria. Namanya cukup familiar untuk pembaca YTKNews. Sosok itu,  adalah  Theresia Sumiyati, S.Pd. Ia lahir di Palembang, 15 Juni 1974.

Ia terbilang  menunjukkan reputasi kerja yang tidak kaleng-kaleng. Sebagai Pustakawati di SMP Santa Maria.  pada tahun  pertama karya pelayanannya itu, SMP Santa Maria sempat menjuarai  Perpustakaan Terbaik Pertama tingkat Provinsi Sumatera Selatan. Kala itu Provinsi Bangka Beltung, belum terbentuk dan masih bagian dari Provinsi Sumatera Selatan.

Lantas, tahun 2005, Sumiyati mutasi menjadi Tata Usaha (TU) di SD St Maria. ketika itu, ia merangkap juga menjadi guru Agama Katolik, karena di SD St Maria ketika itu, ada wali kelas yang beragama Non-Katolik.

Singkat cerita , setelah malang melintang dengan berbagai  tugas  mulai dari pustakawati, tata usaha , dan  seorang guru, maka pada tanggal 1 Juli 2017 , Ia  dipercaya oleh YTK menjadi kepala sekolah di TK Santa Maria.

Langkah pertama yang  dilakukannya adalah memperbaharui sistem kurikulum yang  dilaksanakan di sekolah  yang  kala itu belum melaksanakan kurikulum 2013.

Strateginya terlihat bertajih. Ia mulai mengadakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Hal itu, kata dia, untuk mengasah minat dan bakat siswa.  “Kerjasama dengan alumni pun  mulai  membuahkan hasil, sehingga  sekolah mendapatkan bantuan peralatan Drum Band, “ tutur Sumiyati.

Theresia Sumiyati bersama komunitas TK St Maria

Lantas TK Santa Maria kala itu menjadi TK pertama di kabupaten Bangka Barat yang mempunyai peralatan drumband, dan beberapa kali tampil dalam  karnaval  HUT RI yang diadakan Pemerintah Daerah.  Perbaikan sarana prasarana dan lingkungan sekolah   juga terus dilakukan dengan dukungan  YTK .

Wajah sekolah  kini tampil  jauh lebih indah , sejuk dan  nyaman sebagai tempat belajar , sehingga  pada tahun 2020  meraih  juara  pertama sekolah sehat tingkat kabupaten  dan Yayasan Tunas Karya.    Beberapa kali penghargaan  juara  diraih oleh sekolah ini, baik dari pemerintah daerah maupun Yayasan Tunas Karya.

Dan pada tahun 2021 kemarin , TK Santa Maria lolos menjadi  salah satu sekolah penggerak  angkatan  I jenjang PAUD.

Dalam mengembangkan tugas pelayanannya , Seorang Sumiyati , memandang TK Santa Maria  sebagai  ladang  untuk   berkarya mengembangkan potensi diri  bersama komunitas yang ada di dalamnya. Sehingga semua yang terlibat  di dalamnya  mempunyai  kesempatan  untuk  mengembangkan potensi diri secara  maksimal.

Di mata penulis  sendiri,  memandang  sosok  kepemimpinan  seorang Sumiyati  sebagai tokoh  pemimpin yang ramah dan penyayang  dimana dalam memberi pengarahan selalu senyum dan penuh kasih sayang, tegas, dan perhatian pada lingkungan sekitar.

Bukan hanya itu saja, jika ada kegiatan yang akan dilakukan atau sudah terancang dengan baik beliau sangat cepat dalam menyelesaikannya. Bukan hanya seoang pemimpin di sekolah beliau juga merupakan seorang ibu rumah tangga di rumahnya yang memliki 2 anak.

Sosok ibu dari dua anak yang bersahaja ini dalam menjalankan tugasnya selalu mengedepankan  kepentingan sekolah semaksimal mungkin untuk kemajuan sekolah yang beliau pimpin. Tidak hanya itu, beliau juga sangat aktif dalam pelayanannya di Gereja sebagai seksi liturgi, petugas koor, dan tim dari Legio Maria bahkan terkadang ide-idenya juga sering dituangkannya dalam kegiatan di Gereja. (nys/sfn)

Reporter : Ivanna

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.