Home » Menggalakan Sudent Agency, Ini yang Dilakukan oleh SD Santa Maria

Menggalakan Sudent Agency, Ini yang Dilakukan oleh SD Santa Maria

oleh Redaktur Ytknews

Mentok, YTKNews.id—-Kurikulum merdeka mengintisarikan pendidikan yang berpusat pada murid. Tidak hanya dalam proses pembelajaran Merdeka belajar sejatinya dapat diterapkan lewat kegiatan di sekolah. Di SD Santa Maria Mentok kegiatan yang berpusat pada murid diusahakan lewat student agency, yakni melatih siswa untuk percaya diri dan memiliki jiwa kepemimpinan.

Salah satunya sebelum melaksanakan kegiatan senam bersama pada hari Jumat biasanya sekolah memberikan kesempatan kepada murid untuk memimpin doa bersama di depan seluruh siswa. Doa dibacakan dalam Bahasa Inggris oleh siswa secara bergantian setiap Jumatnya. Sementara di akhir kegiatan senam siswa juga diberi kesempatan untuk melakukan unjuk Bakat seperti menyanyi, bercerita, berpidato dan lain sebagainya.

“Merdeka Belajar yang kami usahakan di sekolah adalah berpusat pada murid, semua dari murid, oleh murid dan untuk murid. Guru menjadi pamong dalam proses belajar di sekolah. Sehingga siswa lebih mendapatkan pengalaman bermakna dalam belajarnya.” Tandas Maria Susanti, Kepala SD Santa Maria Mentok.

Seperti yang dilakukan pada 14 April 2023 SD Santa Maria mentok mensosialisasikan PHBS perilaku hidup bersih dan sehat kepada seluruh siswa. Sosialisasi dilakukan bukan oleh petugas Puskesmas atau guru tetapi langsung diberikan oleh siswa yang telah menerima penyuluhan dari petugas kesehatan sebelumnya.

Selain mensosialisasikan tentang hidup bersih di sekolah para murid ini juga memperagakan gerakan mencuci tangan yang benar kepada seluruh siswa dan dipraktekkan secara langsung. Tentu siswa yang memberikan sosialisasi tidak dipaksa. Mereka secara sukarela dan diberi motivasi oleh guru. (nys)

Reporter: Suwito

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.