Home » Murid TK Santa Bernadeth Tanjungpinang Kamping di Sekolah, Siapa Takut!

Murid TK Santa Bernadeth Tanjungpinang Kamping di Sekolah, Siapa Takut!

oleh Milawati Agustina Simanjuntak

Tanjung Pinang, YTKNews.id – Murid TK kamping di sekolah? Siapa takut. Kamping yang biasanya dilakukan oleh peserta didik SD-SMA, justru kini dilakukan oleh murid TK Santa Bernadeth Tanjungpinang. Tepatnya pada tanggal 28-29 April 2023 yang lalu. Kegiatan kamping tersebut diikuti oleh anak kelompok A, B1, dan B2.

Kegiatan kamping yang diikuti oleh 23 murid tersebut, ternyata tak hanya membuat antusias para murid, melainkan juga para orang tua. “Diikuti oleh 23 anak dan mereka sangat senang sekali,” ujar Sarah Wahyuningsih, S.Pd selaku kepala TK Bernadeth.

Mengawali kegiatan pada hari Jumat, tepatnya pukul 16.00 WIB, para murid datang bersama orang tua dengan membawa berbagai macam perlengkapan pribadi, seperti kasur, bantal, snack, dan lainnya. Setelah bel berbunyi, seluruh murid dibariskan di halaman lalu diberikan pengarahan dari guru untuk kegiatan sore hingga malam hari. Murid perempuan menggunakan ruang kelas yang berbeda dengan yang laki-laki. Murid perempuan menggunakan ruang kelas B1, sementara murid laki-laki menggunakan ruang kelas A. Hal ini tak lepas dari peran orang tua yang membantu mempersiapkan keperluan tidur sang anak.

Selanjutnya pada sore hari, seluruh murid mandi bersama menggunakan hujan buatan yang disemprot dari lantai dua, yaitu menggunakan penyemprot kendaraan. Seluruh murid sangat senang. “ Asik kita mandi hujan,” teriak para murid. Selanjunya, pada malam hari seluruh murid makan bersama di luar bersama guru dan orang tua. Hal ini juga tak lepas dari peran guru dan orang tua yang telah menyiapkan berbagai menu untuk para murid. Kehangatan  dan keakraban pun terjadi saat makan malam.

Setelah makan bersama, seluruh murid menuju ruang perpustakaan, anak-anak bernyanyi bersama diiringi oleh gitar oleh Ibu Dewi dan bertutur kitab suci yang dibawakan oleh Ibu Yuli. Sebelum tidur, seluruh murid dibacakan dongeng oleh guru. Beraneka macam cara agar para murid dapat tidur, berkat kesabaran dan keuletan guru dan beberapa orang tua, seluruh murid pun dapat tidur dengan nyenyak. Keesokan harinya, seluruh murid diajak jalan pagi ke tepi laut Tanjungpinang dan senam bersama. Lalu kembali ke sekolah untuk mandi dan sarapan. Tak lupa pula diisi dengan berbagai permainan yang membuat anak-anak senang dan bahagia.

Sarah Wahyuningsih, S.Pd selaku kepala TK Bernadeth Tanjungpinang mengatakan Adapun tujuan kamping di sekolah ini adalah melatih anak untuk mandiri, berani, percaya diri, berempati, bersosialisasi bersama teman dan orang lain. “ Ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa ketika mereka dewasa nanti,” tambahnya. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada para orang tua yang sudah mendukung kegiatan tersebut, sehingga dapat berjalan dengan baik. (mila)

anak-anak bergembira mandi hujan buatan
anak-anak bergembira mandi hujan buatan

Kontributor  : Dewi

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.