Home » Anak SD Belajar “Politik”? Hanya Ada di SD Santa Maria Mentok!

Anak SD Belajar “Politik”? Hanya Ada di SD Santa Maria Mentok!

oleh Suwito

Mentok-Ytknews.id– Anak-anak SD belajar pendidikan Politik? Kenapa tidak! Anak-anak SD Santa Maria Mentok belajar secara kontekstual memaknai demokrasi. Mereka memilih pemimpin perwakilan siswa untuk KRUCIL (Komite Perwakilan Murid Cilik). Bertempat di halaman sekolah, para siswa mendengarkan orasi calon ketua pada Jumat, 16 Juni 2023 yang lalu. Orasi disampaikan oleh 4 calon ketua yang berasal dari anggota Krucil angkatan 1 yang mengusulkan diri mereka sendiri.

Krucil awalnya terbentuk atas inisiatif salah seorang guru untuk membentuk klub jurnalistik bagi siswa di SD Santa Maria Mentok. Berjalannya waktu, Krucil berkembang menjadi wadah untuk para peserta didik menyalurkan ide dan melibatkan diri dalam pengelolaan sekolah.

“Ini adalah gebrakan sekolah untuk melibatkan murid serta mempromosikan suara murid untuk kegiatan serta pengelolaan sekolah. Wadah ini juga diapresiasi oleh BPMP (Badan Penjamin Mutu Pendidikan) untuk mendukung iklim merdeka belajar di sekolah yang berpihak pada murid,” ujar Maria Susanti, Kepala SD Santa Maria Mentok.

Usai memberikan orasi, para peserta didik kelas 4 dan kelas 5 memberikan suara untuk memilih secara Luber (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia). Tak hanya murid, guru dan tenaga kependidikan pun berkesempatan untuk memilih. Kegiatan ini dipraktikkan langsung oleh anggota Krucil yang ditunjuk menjadi petugas. Mereka menyebarkan kertas suara dan memungut suara dengan kotak suara yang dibuat sederhana. Pada praktiknya didampingi oleh guru, para siswa sangat antusias dalam menentukan pilihan mereka.

Proses pemungutan suara ke kelas-kelas

Didampingi guru pula, mereka juga melaksanakan penghitungan suara secara terbuka yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Ketua Krucil. Didapatkanlah ketua Krucil yang baru yakni Meigi Tendrawan. Para Calon Ketua yang tidak terpilih belajar legowo dan memberikan dukungan kepada ketua yang terpilih.

“Anak-anak belajar apa yang disebut Student Agency dan kepemimpinan. Mudah

-mudahan pemimpin dan pejabat yang amanah dan membawa harapan lahir dari SD Santa Maria nantinya!”Harap Maria.

Reporter: Suwito

Proses penghitungan suara oleh petugas pemilihan layaknya suasana di TPS

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.