Home » 3 Siswa SMP Santo Yusuf Sabet Prestasi di OSN dan Beberapa Ajang Bergengsi Lainnya

3 Siswa SMP Santo Yusuf Sabet Prestasi di OSN dan Beberapa Ajang Bergengsi Lainnya

oleh Redaktur Ytknews

Tanjungbalai Karimun, YTKNews.—Keren, 3 siswa beprestasi di SMP Santo Yusuf menyabet juara di bidang OSN, KSN, dan AIAMA Abacus Olympiad International Competition 2023.

Hal ini terungkap Senin, 7 Agustus 2023, siswa yang berprestasi tersebut diundang orang tuanya ke sekolah untuk menerima piagam penghargaan. Semestinya piala itu diserahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, tetapi karena satu dan lain hal, maka piagam itu dititipkan ke sekolah untuk menyerahkan kepada siswa yang berprestasi tersebut.

Khatrine Floren Xie menyabet Juara pertama AIAMA Abacus Olympiad International Competition 2023 atau yang dikenal dengan Sempoa Internasional di hotel Merusaka Nusa Dua Bali dari tanggal 29-30 Juli 2023. Khatrine Floren Xie masih duduk di SMP kelas IX. Ia berhasil mengalahkan 300 peserta lainnya dari seluruh dunia di Grup F. Grup F ini adalah berdasarkan usia yaitu dari 13 – 16 tahun.

AIAMA Abacus Olympiad International Competition 2023 merupakan kompetisi matematika dan sempoa tingkat dunia yang diselenggarakan oleh AIAMA. Prestasi tersebut tidak serta merta didapatkan dengan mudah, karena Khatrine Floren Xie sendiri tekun berlatih mengerjakan soal setiap hari.

“Setiap hari saya mengerjakan soal matematika selama 6 jam, apalagi mama saya kan ngajar sempoa jadi saya sangat terbantu dalam mengerjakan soal tersebut,” kata Khatrine Florencie. Rupanya Khatrine Floren sering bantu mamanya dalam mengajar sempoa di tempat les. Mamanya sendiri sudah mengajar sempoa sudah cukup lama yaitu sekitar 20 tahun. “Ketika ikut kompetisi di Bali saya awalnya grogi dalam mengerjakan soal, tetapi lama-lama saya dapat menguasai dan bisa enjoy mengerjakan soal tersebut ,” kata Khatrine Floren Xie. Berkat ketenangan yang dia miliki bisa mengalahkan peserta lainnya dari negara-negara lain. Dia diberi piagam penghargaan dan Piala/tropi oleh pihak penyelenggara. Orang tuanya pun ikut bangga melihat keberhasilan putinya. “saya menghimbau kepada siswa-siswi SMP Santo Yusup, kalau ada bakat kalian jangan malas untuk mengembangkannya. Dan kalian harus tekun dalam berlatih,” ungkap Suzi orang tua Khatrine Floren Xie.

Selain itu siswa Zerlina Valerian sebagai peserta OSN bidang IPS di tingkat provinsi tahun 2023. Dinas pendidikan Karimun memberikan piagam penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada siswa yang mengikuti OSN dari Kabupaten Karimun. Zerlina adalah siswa yang rajin dan tekun sejak dari kelas VII bakatnya sudah mulai nampak. Dan ketika dia di kelas VIII dia mengikuti OSN IPS dan lolos sampai di Provinsi. Cara belajar Zerlina Valerian juga didampingi olleh guru IPS. Setiap hari Sabtu siswa tersebut diberi pelajaran tambahan oleh guru IPS seperti mengerjakan soal-soal latihan dan pendalaman materi.

Siswa yang lain yaitu Jevion Tan juara II tingkat Kabupaten O2SN. Semangat pantang menyerah dan sportivitas yang kuat yang dimiliki oleh Jevion sehingga dia dapat mengalahkan lawan-lawanhya. Dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun juga memberikan Piagam penghargaan dan juga piala atau tropi. “Seadandainya Jevion tidak mengalami cedera dia bisa meraih juara 1,” kata Inosensius guru olahraga Jevion. Tim juri juga memuji cara bermain siswa tersebut, solah-olah sudah pemain yang berpengalaman.

Semua prestasi yang diraih oleh siswa tidak begitu gampang, tetapi melalui perjuangan yang luar biasa. Banyak tantangan yang mereka hadapi tetapi berkat ketakunan, semangat pantang menyerah dan latihan terus-menerus serta dukungan orang tua akhirnya mereka tidak mengecewakan tetapi membanggakan sekolah, keluarga dan juga orang-orang sekitarnya.

“Prestasi ini tentunya sangat membanggakan dan dapat memotivasi siswa-siswi lainnya untuk bisa bersaing dalam ajang perlombaan baik skala nasional ataupun international,” kata Theresia Sulastri. (In)

Kontributor : Alfrida Sinnong Lallo, S.S.

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.