Home » Inilah Keseruan Perayaan Kemerdekaan di TK Santa Maria Mentok

Inilah Keseruan Perayaan Kemerdekaan di TK Santa Maria Mentok

oleh Suwito

Mentok-YTKNews.id. Acara HUT RI yang ke-78 di TK Santa Maria Mentok kali ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Kali ini perayaan dilaksanakan satu hari sebelum tanggal 17 Agustus 2023. TK St. Maria mengambil momen suasana pembelajaran bertema projek P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yakni permainan tradisional. Peserta didik ikut berpartisipasi aktif memeriahkan Hari Ulang Tahun RI ke-78 dengan mengenakan pakaian bernuansa merah putih.

“Permainan tradisional mengajarkan tentang kearifan lokal budaya indonesia dan paling penting mengeratkan rasa solidaritas mereka, membantu anak untuk mengenal permainan tradisional yang ada dibudaya indonesia, mengajarkan nilai-nilai budaya dan meningkatkan kesehatan fisik dan mental pada anak,” ujar Sumiyati, Kepala TK Santa Maria Mentok.

Gotong royong menjadi nilai yang ingin diajarkan

P5 ini merupakan bagian dari struktur Kurikulum Merdeka selain pembelajaran intrakurikuler. P5 merupakan pembelajaran yang memberikan pengalaman langsung sesuai dengan karakteristik lingkungan sekitar agar anak memiliki kompetensi global dan berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Anak-anak sekarang lebih sering bermain handphone, game online, tiktok dan berbagai media sosial lainnya. Sehingga permainan tradisional di era modern ini tidak dikenal lagi oleh anak, maka dari itu kita harus kenalkan budaya indonesia ke anak-anak usia dini,” tambah Sumiyati.

Pelaksanaan acara HUT RI yang ke -78 ini berlangsung meriah dengan berbagai permainan tradisional yang dimainkan setiap kelas, seperti Ular naga, engklek atau caklingking, congklak, lompat tali, jelereng, egrang, bakiak, kucing dan tikus, kelereng, dan lain-lain.

    Sederhana namun semarak dan bermakna

Persiapan kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak 1 minggu lalu. Semangat merdeka belajar para guru terlihat dengan berbagai peralatan yang sudah mereka siapkan.

Peserta didik dan orang tua pun tampak antusias dengan baju nuansa merah putih.

“Hari ini pakaian anak-anak menggunakan warna merah putih, ada anak yang membawa bendera, ada yang benderanya diingkat dikepala, suasana 17 agustusnya kelihatan sangat meriah sekali ya, apalagi dengan bendera-bendera yang dipasang dikelas-kelas, menambah suasana merdekanya,” tandas salah satu orang tua murid.

“Awalnya mereka bingung pada saat mempraktekkan permainan tradisional yang sudah dijelaskan, diantara semua permainan tradisional yang dilaksanakan anak-anak kelompok B, mereka lebih suka permainan bakiak dan kelereng. Menurut mereka permainan bakiak serunya karena tidak bisa menjaga keseimbangan sehingga membuat mereka jatuh-jatuh, lalu yang kedua permainan kelereng bagi mereka kalo ada bunyi itu artinya menang,” ungkap Devi, salah satu guru di TK Santa Maria Mentok.

Lewat kegiatan P5 dengan meminjam momen Hari Kemerdekaan ini, peserta didik tak hanya bersenang-senang bermain saja. TK Santa Maria Mentok juga ingin menanamkan nilai cinta tanah air, sikap gotong royong dan berakhlak mulia pada peserta didiknya.

Reporter: Gracia Biora

Editor: Suwito

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.