Home » Mengenal Alexander, Anak Petani Jamur Asal SMP Katolik Wakili Provinsi Kepulauan Riau ke Tingkat Nasional

Mengenal Alexander, Anak Petani Jamur Asal SMP Katolik Wakili Provinsi Kepulauan Riau ke Tingkat Nasional

oleh Milawati Agustina Simanjuntak

Tanjungpinang, YTKNews.id—Raut bahagia terpancar dari wajah Alexander Ehsan Atmaja seusai dirinya berhasil kembali menjadi juara umum O2SN tingkat provinsi Kepulauan Riau cabang olahraga renang dan sekaligus melaju ke tingkat nasional, Rabu (9/8/2023).

Setelah sebelumnya menjadi juara umum tingkat kota, akhirnya Ia berhasil kembali di tingkat provinsi. Bayangkan saja, siswa yang duduk di bangku kelas IX SMP Katolik Tanjungpinang tersebut berhasil menyabet 6 medali emas pada ajang lomba bergengsi itu. Juara I gaya bebas 100 M, gaya bebas 50 M, gaya dada 100 M, gaya dada 50 M, gaya kupu-kupu 50 M, dan gaya punggung 50 M.

Putra kelahiran 10 Agustus 2009 yang akrab disapa Lexa ini menceritakan awal mulanya mencintai olahraga renang yaitu sejak duduk di bangku TK, namun sempat berhenti dan melanjutkan kembali di kelas 3 SD. Tahun 2019 Ia mengikuti perlombaan untuk pertama kalinya dan berhasil mendapat medali. Lalu mengikuti lomba kedua di Pekanbaru dan mengalami kekalahan. Ia sempat kecewa dan putus asa sehingga memutuskan untuk tidak ingin berenang lagi. Namun berkat dukungan guru-guru SD katolik, pelatih renang, dan orang tua sehingga Ia menjadi semangat lagi untuk terus berlatih dan berprestasi.

Siapa yang menyangka, anak dari seorang petani jamur ini bisa mendapat tiket ke nasional. Berbekal hasil jualan jamur menjadi modal Lexa untuk dapat mengikuti les renang. Lexa juga menjelaskan kesulitan orang tuanya untuk membiayai latihan renangnya, untungnya ada pihak-pihak yang mendukungnya seperti pihak klub, pihak kolam renang, dan juga pihak sekolah sehingga bisa mengantarkan Lexa hingga di titik ini.

Siswa berkulit sawo matang ini mengungkapkan rasa senang dan bangganya karena bisa mewakili provinsi Kepulauan Riau. “ Perasaan saya setelah menang yaitu bersyukur karena saat lomba kemarin saya kurang fit tetapi tetap bisa menang, bangga sama diri sendiri, dan senang juga karena bisa dapat tiket ke nasional,” ungkapnya. Ia juga menjelaskan persiapannya menjelang lomba yaitu dengan latihan kurang lebih 2 bulanan, menjaga pola makan, dan selalu berdoa.

Yohana Riri selaku orang tua mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung Lexa hingga sejauh ini. “Ini semua berkat doa dan dukungan para coach, keluarga besar Lumba-Lumba Swimming Club, dan juga keluarga besar SMP Katolik Tanjungpinang yang selalu mendukung Lexa,” ungkapnya. “ Keberhasilan ini adalah kado ulang tahun buat Lexa,” tambahnya.

Fransiskus Xaverius Kanga, S.Fil selaku kepala SMP Katolik Tanjungpinang juga mengungkapkan rasa syukurnya karena Lexa bisa melaju ke tingkat nasional. “ Semoga di tingkat nasional bisa kembali juara,” tambahnya. (mil)

Kontributor: Agustina

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.