Home » Unik! Pasar Malam Ala SMP Yos Sudarso di HUT RI Ke-78

Unik! Pasar Malam Ala SMP Yos Sudarso di HUT RI Ke-78

oleh Dwiky Natalia

Batam,YTKNews.id- Dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan Ke-78 Republik Indonesia, OSIS SMP Yos Sudarso Batam melaksanakan beberapa perlombaan di antaranya e-sport, pasar malam, lomba estafet merdeka, lomba design poster dan lomba tarik tambang. Semua lomba dilaksanakan antarkelas kecuali e-sport. Lomba e-sport ini gabungan dari beberapa kelas. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 16 Agustus 2023 di lingkungan SMP Yos Sudarso Batam mulai pukul 08.00–14.20. Acara ini dikoordinasi oleh OSIS SMP Yos Sudarso yang dibimbing oleh guru yaitu Romasi Simamora dan Christopher Tjia.

Ikeisha Moriel Sutiono sebagai ketua OSIS SMP Yos Sudarso Batam mengatakan bahwa ia bersama pembina OSIS sengaja memilih lomba pasar malam karena merasa nama yang unik dan ingin berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Rencana awal yang dilakukan para pembina OSIS agar kegiatan ini berjalan lancar adalah dengan mengadakan rapat terlebih dahulu untuk membagi tugas per divisi dan mengadakan technical meeting sebelum hari yang ditentukan.

Kegiatan diawali dengan lomba pasar malam dimana peserta lomba harus melalui tiga tahap yaitu tebak gambar, bakiak, dan  bola plak. Lomba kedua adalah estafet merdeka dengan beberapa tahap yaitu balap karung, memasang celana tanpa tangan, hamster drink dengan dot bayi dan mencari koin dalam tepung. Lomba berikutnya adalah e-sport dimana satu tim beranggotakan 7 orang yang terdiri atas 5 pemain utama dan 2 cadangan. Lomba desain poster masing-masing kelas beranggotakan 1 orang. Lomba terakhir adalah tarik tambang dari masing-masing kelas yang beranggotakan 6 orang terdiri atas 3 putra dan 3 putri.

Menariknya, ada beberapa lomba yang baru diadakan di tahun pelajaran 2023/2024 yaitu lomba pasar malam dan lomba estafet merdeka. Terkhusus dalam lomba tebak gambar, pesertanya menebak monumen-monumen bersejarah di Indonesia sebagai wujud untuk menanamkan rasa nasionalisme dalam diri peserta didik SMP Yos Sudarso Batam.

Berikut Pemenang lomba perayaan HUT Ke-78 RI.

  1. Pemenang lomba Pasar Malam
  • Kelas 7 diraih oleh kelas 7.6
  • Kelas 8 diraih oleh kelas 8.1
  • Kelas 9 diraih oleh kelas 9.2
  1. Pemenang lomba Estafet Merdeka
  • Kelas 7 diraih oleh kelas 7.7
  • Kelas 8 diraih oleh kelas 8.7
  • Kelas 9 diraih oleh kelas 9.5

3. Pemenang E-sport

  • Juara satu diraih oleh tim Dream Era
  • Juara dua diraih oleh tim Barudak Slebew
  1. Pemenang Design Poster
  • Kelas 7 diraih oleh kelas 7.2
  • Kelas 8 diraih oleh kelas 8.4
  • Kelas 9 diraih oleh kelas 9.6
  1. Pemenang Tarik Tambang
  • Kelas 7 Juara I diraih oleh kelas 7.6 dan Juara II diraih oleh kelas 7.5
  • Kelas 8 Juara I diraih oleh kelas 8.2 dan Juara II diraih oleh kelas 8.5
  • Kelas 9 Juara I diraih oleh kelas 9.5 dan Juara II diraih oleh kelas 9.3

Semua warga sekolah turut berpartisipasi dalam memeriahkan perayaan HUT RI dengan mengenakan baju bernuansa merah . Setiap kelas mengerahkan tim terbaiknya untuk mengikuti setiap lomba dan tentunya dengan pendampingan dari wali kelas. Kegiatan ini berjalan dengan lancar walaupun sempat dihentikan beberapa menit dikarenakan turunnya hujan di tengah-tengah perlombaan sehingga kegiatan tersebut langsung dialihkan ke GOR Yos Sudarso. Namun, kendala cuaca tersebut tidak menyurutkan semangat dari peserta didik sampai berakhirnya acara. Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian piala dan piagam penghargaan kepada para pemenang lomba.

(Kontributor / Penulis : Ika dan Romaida)

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.