Home » SMA Santo Yosef Mengasah Rasa Lewat Berbagai Lomba Peringatan Bulan Bahasa

SMA Santo Yosef Mengasah Rasa Lewat Berbagai Lomba Peringatan Bulan Bahasa

oleh Alexia Dea Ariyanti

Pangkalpinang, YTKNews.id – Rabu (25/10/2023), SMA Santo Yosef mengadakan peringatan Bulan Bahasa dengan berbagai perlombaan. Meski Bulan Bahasa identik dengan peringatan lahirnya Bahasa Indonesia, peringatan Bulan Bahasa kali ini mengadakan kegiatan yang berkaitan juga dengan dengan mata pelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin juga. Tujuannya agar dapat menumbuhkan rasa cinta dan kemampuan siswa-siswi SMA Santo Yosef dalam berbahasa.

Rangkaian peringatan Bulan Bahasa dibuka dengan acara pembukaan yang dibuka oleh pembawa acara yaitu  Leyves Caviezel Veonardy dan Maureen Medinah Falisha Hidayat. Kegiatan ini melibatkan OSIS agar berjalan sukses. Acara dibuka dengan sambutan dari Wakil Kepala SMA Santo Yosef bidang Kesiswaan Fransisca Rindiyarti, S.Pd.

Lomba Debat Bahasa Indonesia

“ Acara ini di harapkan menjadi ajang unjuk diri, apresiasi dan kreasi  siswa-siswi melalui beberapa bidang lomba. Mereka bisa mengembangkan bakat yang dimilki terkhusus dalam berbahasa. Bahasa bukan hanya sebagai sarana untuk berkomunikasi saja namun bisa menjadi penguat karakter siswa.” pungkas Fransisca Rindiyarti, S.Pd. yang biasa disapa Mam Sisca.

Lomba pertama yang ditandingkan adalah lomba menyanyi lagu berbahasa Mandarin yang berlangsung di GOR SMA Santo Yosef. Sekitar 17 peserta yang ikut berpartipasi terdiri dari kelas 10-12. Mereka  bisa tampil solo ataupun duet dalam lomba ini. Tanpa disangka-sangka ternyata siswa-siswi SMA Santo Yosef sangat fasih dalam bernyanyi lagu Mandarin. Bersamaan dengan lomba menyanyi lagu Mandarin diadakan juga lomba debat bahasa Indonesia yang berlangsung di ruang lantai 3. Setelah itu dilanjutkan lomba Storytelling bahasa Inggris yang lokasinya sama dengan lomba menyanyi lagu Mandarin. Lomba storytelling juga tak kalah seru, siswa-siswi yang tampil sangat totalitas. Dengan berbagai gerak tangan dan tubuh, mereka berusaha menyampaikan cerita.

Lomba Storytelling Bahasa Inggris

Keseruan Bulan Bahasa terus berlanjut terutama pada babak final debat Bahasa Indonesia. Para siswa-siswi sangat antusias untuk menonton pertandingan itu. Pertandingan itu berjalan sangat sengit dan seru. Beberapa kali terdengar tepuk tangan dari penonton saat perdebatan makin memanas. Kegiatan ini lalu ditutup dengan pengumuman juara dan pembagian hadiah masing-masing lomba.

Penulis: Alexia Dea Ariyanti

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.