Home » Perayaan HUT Santo Pelindung SD Santo Paulus 1 Pangkalpinang Adakan Lomba Menulis Indah

Perayaan HUT Santo Pelindung SD Santo Paulus 1 Pangkalpinang Adakan Lomba Menulis Indah

oleh Alexia Dea Ariyanti

Pangkalpinang, YTKNews.id –  Menulis tegak bersambung sudah membudaya di SD Santo Paulus 1 Pangkalpinang karena siswa sudah dikenalkan dan  diajarkan semenjak dari kelas 1. Salah satu manfaat menulis dengan tegak bersambung adalah membantu memahami apa yang kita tulis saat itu. Hal ini dikarenakan manusia berpikir struktural atau secara terstruktur, sehingga menulis dengan tegak bersambung akan memperkuat pemahaman kita pada apa yang ditulis.

“Menulis adalah salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa, khususnya siswa jenjang SD, selain kompetensi membaca dan berbicara. Menulis juga dapat menuangkan ide, gagasan, dan pikiran siswa. Salah satu keterampilan menulis adalah menulis tegak bersambung. Dalam menulis tegak bersambung ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan juga diperlukan ketelitian dan kesabaran, dengan adanya Lomba Menulis Tegak Bersambung ini diharapkan dapat menambah motivasi dan semangat siswa dalam kegiatan literasi.” ujar Natalia Murwantini selaku Kepala Sekolah SD Santo Paulus 1.

Bertolak dari hal tersebut maka SD Santo Paulus 1 mengadakan lomba menulis indah yaitu tegak bersambung pada Perayaan HUT Santo Pelindung dan Imlek Bersama yang diselenggarakan beberapa waktu yang lalu.

Lomba menulis tegak bersambung merupakan salah satu rangkaian kegiatan lomba pada Perayaan HUT Santo Pelindung dan Imlek Bersama. Pelaksanaan lomba menulis tegak bersambung pada hari Jum’at, 16 Februari 2024 dengan waktu pelaksanaan 07.30 – 09.00 WIB. Peserta lomba menulis tegak bersambung ini ditujukan pada jenjang dan semua siswa kelas 4, 5, dan 6. Dengan mengambil judul penulisan “Serunya Bersekolah di SD St. Paulus 1” dan “Tahun Baru Imlek”, semua siswa tampak antusias dan semangat dalam mengikuti Lomba Menulis Tegak Bersambung. Memiliki tulisan tangan yang rapi dan bagus mungkin bukan sesuatu yang istimewa di mata sebagian orang. Padahal tak banyak juga orang yang tulisan tangannya bagus dan rapi.

Setelah dilakukan seleksi dan penjurian oleh panitia maka didapatlah pemenangnya yaitu : Farrel kelas VA sebagai Juara 1, Caecilia kelas IVA sebagai juara 2 dan Valencia kelas IVA sebagai juara 3.

“Saya senang sekali mendapatkan kesempatan mengikuti lomba menulis tegak bersambung dan menjadi salah satu pemenang.” ungkap Valencia siswa kelas IVA setelah pengumuman lomba.

Wali kelas IVA Rohani Sihombing mengungkapkan bahwa menulis merupakan kegiatan yang penting dilakukan siswa dan perlu dibiasakan, karena dengan membiasakan menulis secara rapi dan indah untuk dibaca. Hal ini akan memudahkan siswa dalam belajar terlebih pada siswa kelas IV.

Penulis : Hero

Anda mungkin juga suka