Home » Komunitas Hilarius dipanggil untuk Bahagia

Komunitas Hilarius dipanggil untuk Bahagia

oleh REPORTER St. HILARIUS

PARITTIGA, YTKNEWS.ID –  Komunitas St. Hilarius mengadakan rekoleksi di pantai Tikus Emas, Sungailiat pada hari Selasa (30/04/2024). Berbeda dengan tahun sebelumnya, rekoleksi kali ini diadakan secara bersama-sama (TK, SD, SMP). Rekoleksi bertujuan untuk melihat kembali pengalaman-pengalaman akan Tuhan dalam kehidupan. Tema yang diambil pada kegiatan ini adalah “Dipanggil untuk Bahagia”. Sebagai narasumber, Romo Antonius Suyata, MFS menyampaikan beberapa pesan yakni, (1) semua orang dipanggil untuk bahagia. Bahagia adalah suatu pencapaian melalui proses. (2) Tempat paling bahagia adalah surga. Surga harus diperjuangkan dengan jalan yang benar, sesuai dengan kehendak Allah. (3) Perampas kebahagiaan kita ialah: kemarahan, kekecewaan, kecemburuan, depresi, stress, dan kemalasan. “Hendaklah kita selalu berbahagia sebab seperti tertulis dalam kitab Matius 5: 12, Bersukacita dan bergembiralah, karena upahmu besar di surga”, ucap Romo di akhir acara rekoleksi dan dilanjutkan dengan misa bersama.

Setelah melaksanakan kegiatan misa, para pendidik dan tenaga kependidikan komunitas St. Hilarius melanjutkan perjalanan ke pantai, dengan tujuan untuk rekreasi sekaligus menikmati indahnya ciptaan Tuhan. Tampak seluruh wajah para suster, bapak ibu yang ikut dalam kegiatan ini sangat berbahagia. Mereka dapat bercanda gurau, tertawa, makan bersama seolah melepaskan semua beban yang ada. Setelah makan bersama, panitia acara telah menyiapkan beberapa games dan hadiah untuk para pemenangnya. Terdapat 4 permainan utama yang telah disiapkan yakni Human leader, Giring aku, angkat aku, dan apakah benar-salah. Semua peserta mengikuti games dengan kekompakan, semangat, kesabaran, dan kerja sama yang luar biasa.

“Tema rekoleksi kita dipanggil untuk bahagia sangat cocok untuk guru dan karyawan, karena jika kita bahagia dan penuh sukacita dalam menjalankan tugas, maka seberat apapun pekerjaan kita akan terasa ringan. Kita mampu menjalankannya dengan baik. Saya memperhatikan melalui games yang telah dirancang, komunitas St. Hilarius sangat kompak, bekerjasama dengan baik, penuh persaudaraan. Saya berharap, komunitas St. Hilarius semakin solid, kuat dan selalu mengupayakan hal-hal yg baik untuk kelangsungan pendidikan yg bermutu dan berprestasi”, ujar Hermanus Talar, kepala SMP St. Hilarius, saat kegiatan sambung rasa sekaligus penutup kegiatan ini.

Yohanes Asep Riawan selaku kepala SD St. Hilarius, juga panitia rekoleksi ini memberikan komentar. “Kegiatan rekoleksi Guru dan Karyawan SD Hilarius berjalan baik. Diawali dengan materi dari romo dan ditutup dengan misa, serta dilanjutkan dengan permainan sederhana, untuk mempererat rasa kekeluargaan. Saya sangat berharap, agar kedepan para pendidik dan tenaga kependidikan komunitas sekolah Hilarius, lebih solid, saling menopang satu sama lain, dalam mendidik siswa siswi di sekolah Hilarius Parittiga”, demikian komentarnya saat diwawancarai reporter YTK News.

Penulis: Agustina Dewi Trianti

Anda mungkin juga suka