Home » Kepala Sekolah Baru Buka Kegiatan MPLS di SMAS Santo Yusuf Karimun

Kepala Sekolah Baru Buka Kegiatan MPLS di SMAS Santo Yusuf Karimun

oleh Redaktur Ytknews

Tanjungbalai, YTKNews.id—SMAS Santo Yusuf Karimun, satu-satunya SMA milik Yayasan Tunas Karya (YTK) di Kabupaten Karimun, tidak ketinggalan dalam mengadakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Kegiatan bagi siswa baru tahun ajaran 2024/2025 ini, dibuka oleh Kepala Sekolah nya yang baru, yang dating dari SMA favorit di Batam, SMA Yos Sudarso.

Acara yang menandai dimulainya perjalanan pendidikan bagi para siswa baru di SMA Katolik satu-satunya di Karimun itu, berawal pada Senin, 15 Juli 2024.

Dalam MPLS yang dibuka oleh Kepala Sekolah SMAS Santo Yusuf, Devi Simamora, S.Pd itu, terjadi di Lapangan Sekolah. Acara ini dihadiri oleh seluruh siswa baru peserta MPLS, siswa kelas XI dan XII serta seluruh guru dan staf TU SMAS Santo Yusup.

Pembukaan ditandai dengan pemakaian atribut berupa name tag oleh perwakilan siswa baru dan pemotongan pita yang disambut tepuk tangan meriah dari seluruh peserta upacara. Dalam sambutannya, Devi Simamora, menyampaikan harapannya agar kegiatan MPLS dapat membantu para siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah.

“Selain beradaptasi dengan lingkungan sekolah, anak-anak juga bisa memahami visi-misi,  serta tata tertib di SMAS Santo Yusuf. Peserta didik perlu memahami hal ini sejak hari pertama sehingga menjadi arah dari perjalanan selama 3 tahun,” tegas ex Guru SMAK Yos Sudarso Batam ini.

Kegiatan MPLS ini diisi dengan berbagai materi yang bermanfaat bagi para siswa. Para peserta mendapatkan pengenalan ilmu terkait Wawasan Wiyata Mandala, dan Pendidikan Karakter. Selain itu ada Pameran dan Demonstrasi Ekstrakurikuler, dan edukasi dalam pengenalan potensi diri dan public speaking.

Selebihnya, ada edukasi tentang bahaya Narkoba, dan pengenalan Kurikulum Merdeka, serta Tata Tertib Sekolah.

Materi-materi ini diberikan oleh guru dan mengundang narasumber dari luar yaitu, BNN dan motivator. Tujuan dari penyampaian berbagai materi ini adalah untuk membekali siswa baru dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan selama menempuh pendidikan di SMAS Santo Yusuf Karimun.

MPLS di SMAS Santo Yusuf Karimun untuk tahun ajaran 2024/2025 yang berlangsung selama tiga hari, 15-17 Juli 2024 resmi ditutup dengan sukses pada Rabu siang. Acara penutupan ini dihadiri oleh peserta didik baru bersama dengan para guru dan TU serta segenap panitia MPLS di Aula Santo Yusuf.

Inilah Kepala Sekolah baru, Devi Simomora. S.Pd

Serangkaian kegiatan berlangsung dimulai dengan acara penampilan yel-yel dan pentas seni oleh peserta MPLS dan kakak pembimbingnya dan diakhiri dengan penutupan oleh Kepala Sekolah.

Dalam sambutannya, menyapa dan mengucapkan selamata dating bagi pesrta didik baru.  “Selamat datang dan selamat bergabung dengan keluarga besar SMAS Santo Yusuf Karimun mari sama-sama kita saling bersinergi dan berdinamika di sini,’’ sapa Kepala SMAS St Yusuf, Devi Simomora.

Ia juga mengungkapkan apresiasi terhadap upaya panitia dalam mempersiapkan acara ini hingga selesai. Beliau berharap semangat MPLS ini akan terus terjaga sepanjang tahun ajaran.

Penutupan MPLS SMAS Santo Yusup Karimun ini bukan hanya menandai akhir dari fase pengenalan, tetapi juga awal dari perjalanan panjang siswa dalam mengeksplorasi potensi mereka dan menjadi bagian dari komunitas sekolah yang dinamis dan inklusif. (sfn)

Para pendidik bersama kepala sekolah baru

Kontributor  : Mega Revita Sari, S.Pd

Anda mungkin juga suka