Home ยป Anak SD Jadi Panitia Perayaan HUT RI? Ada di Sekolah Ini!

Anak SD Jadi Panitia Perayaan HUT RI? Ada di Sekolah Ini!

oleh Suwito

Mentok,YTKNews.id — Siapa sangka, tangan-tangan kecil siswa SD Santa Maria mampu menciptakan kemeriahan yang luar biasa dalam perayaan HUT RI tahun ini. Dengan semangat juang 45 yang membara, mereka tidak hanya menjadi peserta, tetapi juga berperan sebagai panitia yang handal dalam menyukseskan berbagai lomba seru pada 16 Agustus 2024.

Sejak awal persiapan, peserta didik yang tergabung dalam Krucil ini telah terlibat aktif dalam merancang konsep lomba, mempersiapkan properti hingga menjadi juri. Kerja sama tim yang solid terlihat jelas dari semangat mereka dalam mempersiapkan setiap detail acara. Tak hanya siswa, para guru pun turut berpartisipasi dengan antusias, baik sebagai peserta lomba maupun pembina.

Semarak dalam suka cita merdeka belajar

“Kami sangat mengapresiasi inisiatif dan kreativitas anak-anak dalam menyusun acara ini,” ujar Ibu Maria Susanti, Kepala Sekolah SD Santa Maria.

“Sungguh menarik memang, karena siswa punya pengalaman untuk mengatur dan mengkondisikan para guru, staf termasuk kepala sekolah yang menjadi peserta lomba. Satu yang utama dalam kegiatan ini adalah semua lomba yang diikuti peserta adalah lomba yang melibatkan tim guna meningkatkan kerja sama dan mempererat persaudaraan dalam keberagaman,” pungkas Kepala Sekolah Penggerak Angkatan 1 itu.

Lomba-lomba yang dirancang lebih menekankan pada kekompakan tim. Seluruh peserta didik dari kelas 1 hingga 6 terlibat dalam lomba dengan kelompok-kelompok lintas kelas. Mereka berkolaborasi untuk menyelesaikan tantangan demi tantangan.

Peserta didik belajar menjadi kru Event Organizer

“Semangat Nusantara Baru, Indonesia Maju terlihat di sini. Anak-anak berkolaborasi dalam keanekaragaman mereka untuk mencapai tujuan mereka. Ini juga termasuk merdeka belajar,” ujar Felixianus Amo, wali kelas 6A.

“Saya sangat senang bisa ikut berpartisipasi dalam lomba ini,” ujar Gaishan, salah satu peserta lomba dari kelas 1A. “Selain seru, saya juga belajar banyak tentang arti pentingnya gotong royong dan bekerja sama dengan teman-teman.”

Kegiatan sederhana penuh makna ini tidak lepas dari dukungan penuh dari orang tua siswa dan seluruh civitas akademika SD Santa Maria. Tampak beberapa orang tua dan komite juga ikut menjadi tim penyemangat. Mereka berharap, semangat kebersamaan dan cinta tanah air yang tumbuh dari kegiatan ini dapat terus berkobar di hati para siswa. (Swt)

Reporter: Suwito

Foto:Dylan & Meigi

Anda mungkin juga suka