Home » Membanggakan! Siswi SMP Yos Sudarso Raih Kejuaraan Popda IX Kepri 2024

Membanggakan! Siswi SMP Yos Sudarso Raih Kejuaraan Popda IX Kepri 2024

oleh Dwiky Natalia

Batam, YTKNews.id- Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) IX tingkat Provinsi Kepulauan Riau telah diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga di Kota Batam sejak 23- 27 Juli 2024. POPDA IX Kepulauan Riau tahun ini mempertandingkan 10 cabang olahraga yakni atletik, renang, bola basket, bola voli, sepak bola, sepak takraw, pencak silat, bulu tangkis, tenis meja dan tenis lapangan.

Para atlet berasal dari tujuh kabupaten dan kota se-Kepri yang merupakan perwakilan dari sekolah-sekolah yang ada di Kepulauan Riau. SMP Yos Sudarso Batam mengirimkan 3 orang siswi sebagai perwakilan untuk mengikuti POPDA tahun ini. Para atlet melakukan persiapan matang dan pelatihan secara rutin sejak bulan Juli lalu. Sebelum mengikuti training center, para pelajar melalui tahap eliminasi dan yang lolos akan dilatih  untuk persiapan lomba sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh Dispora.

Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) memberikan waktu latihan selama 2 minggu kepada para atlet dan tentunya didampingi pelatih. Ada hal yang menarik juga bahwa salah satu guru olahraga SMP Yos Sudarso, Donal Frans Pandiangan, terpilih menjadi pelatih pada cabang olahraga renang yang dipilih langsung oleh tim Akuatik Batam.

Usaha dan latihan yang disiplin membuahkan hasil yang baik bagi ketiga pelajar SMP Yos Sudarso ini. Teresa Avilla Seruni Renjana sebagai atlet renang putri meraih juara I gaya kupu-kupu 100 m, juara I gaya bebas estafet 4 x 100 m, dan juara III gaya ganti 200 m. Teresa Avilla juga merupakan anggota PON XXI Aceh Sumut 2024 mewakili provinsi Kepri untuk cabang olahraga renang indah yang akan diselenggarakan pada bulan September mendatang.

Adapun Erline Boon sebagai atlet atletik putri meraih juara III  estafet 4 x 100 m. Setelah meriah juara, Erline mengungkapkan rasa syukur dan kebahagiannya. “Saya sangat senang sekali dapat berpartisipasi pada Popda IX Kepri tahun ini. Saya berkompetisi pada cabor atletik dan mendapatkan posisi ketiga untuk nomor estafet putri. Dukungan orang tua dan teman-teman membuat saya tetap semangat dan yakin pada saat pertandingan. Hal ini menjadi pengalaman baru yang menyenangkan bagi saya,”ungkap pelajar yang kini duduk di kelas IX (sembilan) itu.

Briggita Fernandet Lie sebagai atlet basket putri meraih juara I bersama dengan timnya. Ini adalah pengalaman kedua bagi Briggita dalam mengikuti Popda. “Ini adalah pengalaman kedua bagi saya. Terpilih kembali dalam Popda tahun ini tentu merupakan kebahagiaan. Hal yang paling berkesan bagi saya adalah para atlet yang bergabung dalam tim saya, merupakan teman dekat saya semua. Jadi untuk tahun ini cukup mudah dibandingkan tahun lalu. Terima kasih untuk dukungan dari orang tua, sekolah, dan teman-teman. Semoga ke depannya saya bisa lebih baik lagi,” tutur Briggita.

Dalam kegiatan Popda kali ini, Kontingen Kota Batam berhasil keluar sebagai juara umum pada cabang olahraga renang dan juga peraih piala bergilir juara umum Popda Kepri IX. Guru olahraga SMP Yos Sudarso, Donal F. Pandiangan, turut memberikan apresiasi atas pencapaian membanggakan ini. “Saya sebagai pelatih renang di sekolah Yos Sudarso sangat mengapresiasi pencapaian atlet renang, atletik dan bola basket. Semua itu karena upaya anak didik yang sudah berlatih maksimal. Harapannya semoga semakin giat lagi untuk berlatih dan mempersiapkan diri untuk event-event mendatang. Salam olahraga. Salam Prestasi,” tutup Donal. (DN)

Kontributor : Romaida

Anda mungkin juga suka