Home » Bendera Berkibar, Senyum Semringah: TK Santa Maria Rayakan HUT RI dengan Meriah

Bendera Berkibar, Senyum Semringah: TK Santa Maria Rayakan HUT RI dengan Meriah

oleh Suwito

Kemeriahan dalam memperingati HUT RI ke-79 telah terasa di mana-mana tak terkecuali di TK Santa Maria. Anak-anak diajak untuk mengenal lebih dekat tentang nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Projek ini diwujudkan dalam berbagai kegiatan seperti menonton sejarah Proklamasi, melakukan kunjungan ke tempat bersejarah. Tak hanya itu, mereka juga melakukan berbagai lomba dan permainan yang menarik.

Anak-anak TK Santa Maria bersorak-sorai mengikuti berbagai perlombaan yang diselenggarakan di Aula sekolah. Kegiatan ini dilakukan bukan semata-mata untuk memeriahkan saja. Hal ini dirancang untuk meningkatkan kebersamaan, menghargai jasa pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan RI serta membangkitkan kembali semangat nasionalisme.

Kepala Sekolah TK St. Maria, Sumiyati, mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk menumbuhkan cinta tanah air dan nasionalisme dikalangan anak-anak sejak dini.

“Guru-guru sudah mempersiapkan berbagai permainan yang menyenangkan berpusat pada anak dengan berbagai media,”ujar Sumiyati.

Kegiatan ditutup dengan upacara bendera yang diikuti oleh seluruh anak-anak TK Katolik di Mentok itu beserta dengan guru-guru. Anak-anak dengan penuh semangat menyanyikan lagu “Hari Merdeka”.

Kegiatan ini dilakukan secara tidak langsung telah menanamkan rasa penghormatan terhadap sang merah putih sejak dini.

“Kami berharap anak-anak juga menghargai kemerdekaan yang telah diraih oleh para pahlawan kita,” pungkas kepala sekolah penggerak itu.

Sebagai ungkapan terima kasih kepada seluruh peserta didik pihak sekolah membagikan snack karena telah mengikuti seluruh kegiatan memeriahkan HUT RI. Senyum semringah pun tersimpul di wajah mereka. (Swt)

(Reporter:Ida Simangungsong)

Anda mungkin juga suka