Home » SMP Maria Goretti Raih Prestasi di Rapor Pendidikan 2024, BOS-Kin Kembali Diterima

SMP Maria Goretti Raih Prestasi di Rapor Pendidikan 2024, BOS-Kin Kembali Diterima

oleh Fristy Yasinta Tarigan

Sungailiat, YTKNews.id — Sekolah Menengah Pertama naungan Yayasan Tunas Karya di Sungailiat, SMP Maria Goretti kembali mencetak prestasi membanggakan dalam Rapor Pendidikan 2024. Berdasarkan data yang diperoleh, peningkatan signifikan kembali dicapai dalam kemampuan numerasi dengan lonjakan sebesar 31,92 %  dibandingkan tahun 2023.

Pencapaian ini membawa SMP Maria Goretti kembali mendapatkan apresiasi dari Pemerintah dalam bentuk Bantuan Operasional Kinerja (BOS-Kin). Bantuan ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik di sekolah tersebut.

Selama tiga hari, dari tanggal 22 hingga 24 Agustus 2024, delapan SMP penerima BOS-Kin di Kabupaten Bangka berkumpul di Hotel Tanjung Pesona, Sungailiat. Kegiatan ini diwarnai semangat dan antusiasme yang tinggi dari para peserta. SMP Maria Goretti mengirimkan sepuluh guru dan kepala sekolahnya untuk ikut serta dalam kegiatan ini.

Narasumber dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan hadir memberikan materi yang relevan dan berdasarkan kasus nyata yang dihadapi oleh sekolah-sekolah di Kabupaten Bangka, bahkan seluruh Indonesia. Materi yang disampaikan meliputi literasi dan numerasi, pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan satuan Pendidikan dan pemanfaatan akun belajar.id dalam era digitalisasi.

Dinamika selama kegiatan

Kepala SMP Maria Goretti, Ferdinandus Andry Setyawan, S. E., mengungkapkan rasa syukurnya atas kesempatan yang diberikan kepada sekolahnya. “Awalnya, kami tidak menyangka SMP Maria Goretti kembali mendapatkan kesempatan ini. Setelah mendapatkan surat resmi dari Dinas Pendidikan, dan diinformasikan dengan sangat jelas oleh Pengawas Satuan Pendidikan, ternyata benar kesempatan ini menjadi momen berharga bagi para guru untuk kembali mengasah kompetensi demi kemajuan sekolah.” tutur kepala sekolah yang murah senyum itu.

Ia menambahkan bahwa meskipun banyak pencapaian diraih, masih ada banyak hal yang perlu ditingkatkan dalam pelayanan pendidikan di sekolah. “Melalui kesempatan ini saya dan seluruh guru dan tenaga pendidikan juga berupaya untuk meningkatkan pelayanan dan mutu pendidikan,” tambahnya.

Salah satu guru berprestasi di SMP Maria Goretti, Yohanes Seran Tahuk, S.Ag menyatakan bahwa ia semakin termotivasi dalam pembelajaran bersama siswa setelah mengikuti bimbingan teknis ini. “Kami sudah terbiasa dengan berbagai aplikasi pembelajaran dan digitalisasi, tetapi sekarang saya semakin termotivasi untuk menciptakan generasi Alpha yang Berprofil Pelajar Pancasila.” seru guru agama SMP Maria Goretti itu penuh semangat.

Reporter: Fristy

Anda mungkin juga suka