Home » Guru dan Karyawan SD Hilarius Parittiga Ikuti Seminar Tentang Anak Berkebutuhan Khusus

Guru dan Karyawan SD Hilarius Parittiga Ikuti Seminar Tentang Anak Berkebutuhan Khusus

oleh admin

( Foto : Seminar Anak Berkebutuhan Khusus SD Hilarius Parittiga )

Parittiga, YTKNews.id– Guru dan karyawan SD Hilarius Parittiga mengikuti seminar tentang Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang digelar oleh SD Hilarius Parittiga bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Autis (LPA) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertempat di SD Hilarius Parittiga, Sabtu (10/7/2021).

Kepala SD Hilarius Parittiga, Yohanes Asep mengatakan bahwa seminar yang bertajuk Aku Unik dan Spesial ini merupakan gagasan yang berangkat dari keprihatinan sekolah dan keresahan guru dan karyawan SD Hilarius Parittiga akan hak ABK di SD Hilarius.

“Di SD kita, hampir di setiap kelas terdapat ABK, yang selama ini ikut belajar Bersama anak-anak reguler, yang seharusnya mereka belajar di sekolah luar biasa,” kata Yohanes

“Selama ini guru-guru kita sudah memperhatikan dan membimbing mereka, tetapi belum memahami dasar utama menangani dan mengelola kelas untuk ABK,” katanya.

Ia mengungkapkan bahwa yang dilakukan para guru selama ini hanya sebatas pendampingan tanpa adanya program ketercapaian belajar untuk ABK.

( Foto : Seminar Anak Berkebutuhan Khusus SD Hilarius Parittiga )

“Oleh karena itu saya berinisiatif menjalin kerjasama, dan mengundang narasumber seminar dari LPA Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dengan narasumber Pak Rise Diprayogo, S.Psi., Ibu Eva Pratiwi, S.Psi., Ibu Ayi Kurmiasih, S.Pd.,” ungkapnya.

Yohanes mengatakan bahwa dalam seminar ini, guru dan karyawan SD Hilarius dilatih dan diberikan berbagai materi terkait ABK, diantaranya jenis-jenis ABK, pendidikan inklusi, kurikulum kelas inklusi, dan praktik membuat Program Pembinaan Individu (PPI).

“Tujuan dari kegiatan ini agar guru dan karyawan SD Hilarius dapat mengelola kelas inklusi dan memberi pelayanan yang baik kepada siswa-siswi ABK di SD Hilarius. Kegiatan ini menghasilkan beberapa contoh Program Pembinaan Individu kelas 1 sampai kelas 6,” kata Yohanes.(JnP/YTKNews.id)

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.