Home » Bersiap Menjadi Pemimpin Masa Depan, SMP Maria Goretti Gelar Pergantian Ketua OSIS

Bersiap Menjadi Pemimpin Masa Depan, SMP Maria Goretti Gelar Pergantian Ketua OSIS

oleh admin

Sungailiat, YTKNews.id- ‘Patah tumbuh hilang berganti’, demikian gambaran yang tepat untuk OSIS SMP Maria Goretti yang saat ini telah tiba waktunya pergantian kepemimpinan OSIS. Tahapan-tahapan kegiatan untuk memilih pemimpin baru pun digelar mulai dari pengajuan calon hingga Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK).

Rangkaian suksesi itu diawali dengan pengajuan 3 calon dari tiap kelas. Pada tahap pertama, 12 calon terpilih mengikuti fit and proper test untuk menguji kelayakan dan kepatutan mereka dalam mengemban amanah kepemimpinan.

Dari hasil seleksi tersebut, terpilih 6 calon yang langsung mengelompokkan diri menjadi 3 pasangan calon (paslon) ketua OSIS, yaitu Yohana-Gabriel (pasangan nomor 1), yang menyebut diri dengan nama beken KEYO. Selanjutnya pasangan Andrea-Sherlly (pasangan nomor 2), dengan nama Ansher. Laura-Devin (pasangan nomor 3), dengan mengusung nama LD 41.

Selanjutnya, para paslon belajar merumuskan visi dan misi, bahkan berlatih berorasi di depan umum. Didampingi Pak Nick dan Ibu Afan, ketiga pasangan ini menyiapkan diri untuk menarik simpati massa dalam kegiatan kampanye.

Pada tanggal 13 November 2021, pesta demokrasi Maria Goretti pun digelar, ketiga pasangan calon pemimpin tersebut berkampanye di setiap kelas dengan didampingi oleh pengurus OSIS lama.

Puncak Hari Demokrasi adalah pada hari Senin, tanggal 15 November 2021. Saat itu terpilihlah Ketua OSIS SMP Maria Goretti yang baru, yaitu pasangan nomorurut 2, Andrea-Sherlly.

Agar para pemimpin OSIS baru semakin terbekali dengan ilmu berorganisasi, maka diadakanlah LDK yang dilaksanakan pada tanggal 20-21 November 2021. Pembekalan intern dimulai pada tanggal 20 November 2021 di ruang perpustakaan SMP Maria Goretti.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Cecilia, beliau juga menyampaikan materi tentang Kepemimpinan dan Etika Pemimpin. Kemudian dilanjutkan dengan pembekalan oleh Afan tentang Management Organisasi, termasuk pembekalan tentang penyusunan proposal, notulensi, dan laporan pertanggungjawaban kegiatan.

Pada hari kedua, 21 November 2021
LDK OSIS dilaksanakan di Aula SD Maria Goretti bersama dengan Bapak Frans Lim. Beliau menyampaikan materi tentang menghidupi 7 pedoman kepemimpinan OSIS, berlatih bersikap tegas, tangkas, dan berkomitmen.

Dengan kegiatan LDK ini, tersemat tekad untuk menunjukkan bahwa pemimpin OSIS SMP Maria Goretti siap berkarya, siap melanjutkan estafet OSIS SMP Maria Goretti yang kini sudah dalam genggaman.

Berpedoman petuah bijak orang Bangka ‘Asak kawa ape ge pacak’, pemimpin-pemimpin kecil ini siap merenda kepemimpinan di masa depan. Bravo OSIS Smp Maria Goretti.(JnP/YTKNews.id)

Penulis : Siwiwati Endah Setiati

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.