Home » Raih Perunggu, Guru SD Yos Sudarso 1 Batam Ropinus Roni Harumkan Nama Sekolah di Tingkat Nasional

Raih Perunggu, Guru SD Yos Sudarso 1 Batam Ropinus Roni Harumkan Nama Sekolah di Tingkat Nasional

oleh

Batam, YTKNews.id– Guru SD Yos Sudarso 1 Batam, Ropinus Roni, S.Pd., harumkan sekolah setelah berhasil meraih perunggu pada kompetisi NUSA Competition 2021 Sesion 2 yang diselenggarakan oleh OASE Edukasi.

Dikutip dari my.oaseedukasi.id, NUSA Competition adalah ajang kompetisi dalam bidang sains bagi para siswa SMP, dan SMA serta yang sederajat dan juga bagi guru dan mahasiswa di seluruh Indonesia.

Roni mengatakan bahwa awalnya ia mengetahui adanya kompetisi tersebut melalui instagram. Kemudian ia mengikuti berbagai persyaratan guna mengikuti kompetisi tersebut.

“Kebetulan saat itu saya lihat ada kompetisi untuk guru di Instagram, kemudian saya masuk ke akun instagramnya terus mengikuti rangkaian proses sebagai syarat kepesertaan,” kata Roni, Minggu (28/11/2021).

Ia mengatakan bahwa ada cukup banyak materi untuk dilombakan pada jenjang SMP, meliputi bidang Matematika, IPA, dan IPS.

Ia mengaku tidak menyangka dapat meraih perunggu pada kompetisi NUSA Sesion 2 karena menurutnya soal-soal yang dilombakan adalah untuk jenjang SMP bahkan ada beberapa soal tingkat SMA.

“Lombanya sendiri dilaksanakan secara daring ya, dan diuji secara langsung dan hasilnya pun langsung keluar setelah diuji. Jadi cukup menantang karena saya harus mengingat-ingat kembali materi pelajaran tingkat SMP bahkan ada soal untuk tingkat SMA,” katanya.

Ia mengatakan bahwa tujuan utamanya mengikuti lomba tersebut bukanlah untuk menang, melainkan untuk mendapatkan referensi soal.

“Karena kalau kita ikut lomba ini kita dikasih akses soal secara gratis plus pembahasannya juga,” kata Roni.

Ia mengungkapkan bahwa mengikuti kompetisi baginya sebagai sarana untuk mengupgrade diri, dan mengingat kembali ilmu-ilmu yang dulu sudah ia dapatkan, serta menjadi motivasi bagi anak-anak peserta didik dan rekan kerja di SD Yos Sudarso 1.

“Semoga prestasi ini bisa memotivasi anak-anak, bahwa gurunya bisa juga ikut kompetisi, juga bisa menjadi motivasi rekan kerja. Karena ilmu kan tidak kita dapatkan di sekolah saja, tetapi bisa juga di tempat lain seperti dari kompetisi-kompetisi yang kita ikuti,” kata Roni.(JnP/YTKNews.id)

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.