Home » Perayaan 21 April, Inspirasi Bagi “Kartini-Kartini” SD St Theresia I Pangkalpinang

Perayaan 21 April, Inspirasi Bagi “Kartini-Kartini” SD St Theresia I Pangkalpinang

oleh humas YTK

Pangkalpinang, YTKNews.idEuforia Hari Kartini masih menjadi cerita hari-hari ini. Kisah kali ini datang dari salah satu SD katolik di Pangkalpinang. Kebetulan, SD yang satu ini, tak lain adalah almamaternya artis nasional, Sandra Dewi. Sekolah yang dimaksud adalah SD St Theresia I Pangkalpinang.

Hari itu, Kamis, 21 April 2022, siswa dan siswi SD Santa Theresia 1 Pangkalpinang merayakan Hari Kartini dengan suasana yang berbeda dari tahun sebelumnya. Pagi hari yang cerah itu, para siswa dan guru datang ke sekolah dengan mengenakan berbagai pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Bagi komunitas SD St Theresia I Pangkalpinang, peristiwa ini bukanlah sebuah kebetulan melainkan sebagai sebuah partisipasi memperingati hari pahlawan emansipasi wanita yang jatuh tepat pada tanggal 21 April itu.

Momen ini, bagi SD St Theresia I Pangkalpinang itu, memberikan makna serta warna tersendiri. Pasalnya menurut guru Agama ini, perjuangan Kartini untuk kaum perempuan tidak hanya di Pulau Jawa, tetapi di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Papua dan sebagai simbol bahwa banyak Kartini-Kartini muda dari seluruh nusantara.

Hal itu terungkap komentar Kepala Sekola SD St Theresia I Pangkalpinang, Suyati, S.Pd.SD. Suyati, S.Pd,SD  mengatakan dengan dilaksanakan kegiatan ini secara tidak langsung ingin menanamkan pendidikan pada anak, agar semangat juang pahlawan memberi inspirasi kepada Kartini–Kartini di SD Santa Theresia I.

“Di hari Kartini ini, semoga para kaum putri dapat memaknainya sebagai hari spesial yang mendapatkan kesempatan baik untuk dapat berdiri sejajar dengan kaum pria berkat perjuangan Kartini. Mari kita bangkit dan bersemangat untuk tetap berjuang mempertahankan hak-hak yang sudah kita dapatkan dengan rajin belajar khususnya untuk peserta didik yang kami kasihi,” ungkap Suyati. (sfn)

Reporter : Andreas Helpi

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.