Home » Anak Didik SD Yos Sudarso III Diajak Isi Kemerdekaan Lewat Rajin Belajar

Anak Didik SD Yos Sudarso III Diajak Isi Kemerdekaan Lewat Rajin Belajar

oleh humas YTK

Batam, YTKNews.id – “Merdeka, merdeka, merdeka,” Pekikan kemerdekaan terdengar semarak dari siswa SD Yos Sudarso III, Tanjung Uncang Kota Batam. Memang, perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Negara Indonesia yang ke-77 tahun ini terlihat lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya karena semakin melandainya kasus covid 19.

Tak terkecuali di Sekolah Yos Sudarso III, pada Selasa 16 Agustus 2022 mengadakan kegiatan perlombaan untuk mengajarkan kepada siswa sikap dan rasa nasionalisme dan patriotisme.

Sebelum perlombaan dimulai semua siswa dibariskan di halaman sekolah untuk mendengarkan pengarahan panitia, dan menanyanyikan lagu-lagu perjuangan dengan penuh semangat.

Aneka perlombaan ini dibagi menjadi dua grup yang masing-masing dipimpin oleh seorang guru dengan masing-masing jenis perlombaan. Namun, jalannya perlombaan sempat terhenti, karena adannya hujan.

Tak lama berselang, hujan pun berhenti dan perlombaan dilanjutkan kembali. Panitia memilih jenis perlombaan yang melatih adanya kekompakan dan kerja sama. Jenis perlombaan yang dipilih seperti memindahkan  bendera dan air, memasukan paku dalam botol, dan puzzle pahlawan.

Siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Rangkaian peringatan HUT RI dilanjutkan dengan upacara bendera di sekolah hari Rabu, 17 Agustus 2022 pukul 07.00 WIB. Peserta upacara mengenakan pakaian daerah masing-masing.

Terasa sangat kental kenusantaraan, walau berbeda-beda tetapi satu, satu dalam perjuangan mengisi kememerdekaan.

Frederika Abiyutson, S.H selaku wakil kepala sekolah mengatakan kemerdekaan yang dialami sekarang merupakan anugerah Tuhan, dan perjuangan para pahlawan.

“Puncak pengorbanan para pahlawan ini pada tanggal 17 Agustus 1945, ketika Soekarno dan Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia yang kita rayakan ulang tahun hari ini,” ujarnya mewakili amanat kepala sekolah.

“Mari anak-anak, kita mengisi kemerdekaan ini dengan rajin belajar, berlomba untuk menjadi kebanggaan sekolah, orang tua dan masyarakat,” pungkasnya. *(nys)*

Reporter :  Tina

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.